Cara Zone

Portal online Tips dan tutorial

Dapatkan tutorial terupdate gratis dengan berlangganan artikel

Tuesday, March 31, 2015

Cara Membuat web/blog Bersahabat dengan Google Menggunakan Data yang Terstruktur

Cara  Membuat web/blog Bersahabat dengan Google Menggunakan Data yang Terstruktur
Pernahkah Anda memikirkan mengapa atau bagaimana hasil pencarian dari situs seperti CNET atau Google Play/iTunes terlihat sangat berbeda dari hasil pencarian untuk website milikmu sendiri?

Itu terjadi karena Google ‘mengerti’ situs-situs ini lebih baik darimu. Ini bukan berarti bahwa situsmu tidak mencapai ‘kriteria kualitas’. Melainkan, ini berarti bahwa Google dapat mengidentifikasi dan mengerti struktur dari situs seperti itu, dan dapat menyediakan sebuah ulasan yang tepat dan komprehensif juga akurat untuk mereka.

Anda dapat melakukannya juga dengan melakukan strukturisasi data/konten pada website milikmu, sehingga search engine tersebut akan mengetahui dengan pasti mengenai apakah situs yang Anda miliki.
Berdasarkan pada data milikmu yang terstruktur, Google dapat menunjukkan informasi yang layak pada Google Now atau Knowledge Graph.

Bayangkan sebuah website ulasan dimana user menuliskan ulasan produk. Situs ini seharusnya secara alami akan memiliki struktur yang berbeda dibandingkan sebuah blog berita, atau sebuah website portofilio, atau sebuah website brosur/ulasan produk, atau sebuah wiki. Anda tidak memperlakukan semua itu dengan cara yang sama dalam hasil pencarian sekarang, benar bukan? Data yang terstruktur akan membantu Google menyediakan pencari dengan informasi yang akurat dan interaktif yang dapat dengan mudah mereka hubungkan.

Ini tidak hanya akan membantumu mengenai CTR website dengan sebuah sudut yang besar, ini juga akan membangun ‘titik optimalisasi SEO’, yang berarti bahwa search engines akan menjadi lebih ramah untuk website milikmu.
Untuk membantumu berpartisipasi dalam fitur data yang terstruktur, Google baru saja meluncurkan dua buah perangkat yang baru, perangkat Data Highlighter, dan Structured Data Markup Helper.

Data Highlighter
Data Highlighter pada dasarnya membantu untuk mengidentifikasi konten apakah yang Anda miliki pada situs milikmu, dan mengajarkan Google pola data yang terstruktur mengenai kejadian di website milikmu. Anda sekarang dapat memberi tahu Google apakah situsmu adalah salah satu dari tipe yang ada di daftar berikut.
• Bisnis Lokal
• Produk
• Artikel
• Aplikasi Software
• Film
• Program TV
• Restoran

Structured Data Markup Helper adalah Sebagai sebuah alternatif untuk Data Highlighter dimana Anda membiarkan Google melakukan semua yang diperlukan, Anda dapat menggunakan perangkat Structured Data Markup Helper untuk mengubah HTML milikmu, dan mengoptimalkan situsmu dengan menggunakan markup yang dibuat oleh Google (untuk user tingkat lanjut).

Itu bekerja dengan cara yang sama seperti Data Highlighter. Pertama-tama Anda harus menandai beragam elemen halaman dengan mouse milikmu. Kemudian, perangkat ini akan membuat contoh kode HTML untukmu dengan mencakup markup microdata. Anda dapat menggunakan kode ini sebagai sebuah referensi untuk menerapkan data yang terstruktur secara langsung ke kode sumber situsmu.
Menggunakan perangkat ini, Anda dapat keluar dari kompetisi. Anda dapat memberi tahu Google secara jelas mengenai isi situsmu, dan Anda piki perangkat-perangkat ini adalah sebuah kemajuan yang besar.

Cara Menggunakan Data yang Terstruktur

  • Silahkan masuk ke Google Webmaster Tools
  • Pada sidebar bagian kiri, pergilah ke Tampilan penelusuran silahkan klik

    Tampilan penelusuran

  • Klik  Penyorot Data

    Penyorot Data

  • Kemudian klik pada tombol pada bagian kanan yang menyatakan Start Highlighting/ Mulai Menyorot.
    Start Highlighting

  • Kemudian akan diminta untuk memasukkan sebuah URL,
     memasukkan sebuah URL

  • Pilih tipenya dari antara tujuh tipe yang ada di daftar.
    Pilih tipenya

  • Lalu klik Oke

    Anda juga dapat memilih hanya satu halaman itu saja, atau halaman-halaman lainnya dengan format konsisten yang sama juga. Sebagai contoh, yang merupakan sebuah pilihan yang baik untuk sebuah blog.
    Setelah ini, akan melihat sebuah ulasan dari halaman tersebut, dan kita harus menandai masing-masing bagian dari halaman dengan menggunakan mouse.

    Sebagai contoh, menentukan penulis, tanggal penerbitan, dan rata-rata nilai untuk sebuah artikel. Pilihan penandaan bervariasi bergantung pada pilihan apakah yang dipilih (contoh, Artikel, Produk, dll).
    Proses tersebut akan memerlukan beberapa menit, pada bagian akhir dari konten yang akan disoroti secara otomatis.

    Contoh disini, kami disini menggunakan blogspot, dan kami akan membuat data terstruktur untuk kategori/label Android maka kami akan memasukkan url berikut ini :
    http://www.carazone.com/search/label/Android

  • Silahkan Sorot Judul artikel untuk memberikan judul pada Item Data
    Sorot Judul artikel

    Sorot Judul artikel

  • Silahkan Sorot yang lain untuk mengisi
    Item Data Saya
    Pengarang: Tanggal dipublikasikan: Gambar: Kategori: Rating rata-rata: Rating: Suara:

  • Jika sudah selesai semua artikel dengan kategori Android, maka silahkan terakhir klik Publikasikan,Begitu seterusnya untuk label/kategori yang lain.
Tapi jika web/blog hanya membahas satu jenis Artikel atau produk, silahkan masukkan halaman utama saja.

Apakah yang Anda pikirkan mengenai itu? Tinggalkan pendapat Anda pada bagian komentar di bawah ini. Dan jika Anda memiliki pertanyaan apapun, janganlah ragu untuk bertanya. Salam.

21 comments:
Silahkan komentar
  1. makasih gan,, baru tau SEO dengan data terstruktur..

    ReplyDelete
  2. Kebetulan lagi cari artikel seperti ini. Terima kasih, sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Masbro,,kalau saat kita masuk "Mulai Menyorot" dan sudah aku isikan alamat URL " http://www.travelinglombokmoyo.blogspot.com " ternyata malah muncul peringatan "URL ini tidak dapat ditemukan dalam indeks Google. Info selengkapnya" apa yang harus dilakukan selanjutnya?

    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebabnya jika tidak salah karena agan tidak menaruhkan backslash dibelakang alamat blog
      contoh : http://www.travelinglombokmoyo.blogspot.com/
      Salam buat blogger Lombok gan,

      Delete
    2. saya juga sama gan, tapi masih gk bisa

      Delete
    3. Apa sudah diberikan backslash dibelakang URL blognya gan

      Delete
  4. terima kasih gan, artikelnya udah ane terapin ke website ane.
    mantab

    ReplyDelete
  5. sangat bermanfaat mas buat www.materikelas.com saya

    ReplyDelete
  6. mas saya masih blm bisa kenapa yah?

    ReplyDelete
  7. saya baru membuat situs www.cetak-yasin,com, lalu sy ingin belajarcmelakukan seo (masih awal sekali) ap yang harus saya lakukan mas,
    saya baru dilangkah memverifikasi situs di Search Console, mungkin masih dasar banget kalau mas ngga sudi menjawab tolong berikan info dimana saya harus mencari bacaan sekitar masalah in

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan buka kategori SEO pada Blog ini Gan, terima kasih

      Delete
  8. apa berpengaruh ya, kalau misalkan saat penyorotan kita memasukan author tapi selang beberapa lama author kita hidden?apa itu merusak perayapan google?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak berpengaruh, ini hanya untuk menampilkan rich snipet pada serp google
      Terima Kasih

      Delete
  9. Duhhh... Makin di gali makin pusing gan...

    ReplyDelete
  10. Akhirnya,, dapat juga penjelasan data terstruktur,,, makasih banyak gan www.atobasahona.com

    ReplyDelete
  11. makasi gan dari orang lombok www.herbalbisa.com saya seneng dengan artikelnya, setiap saya kesulitan saya selalu alamat webnya gan....ada yang terbaru tentang trik SEO-nya mas bro??

    ReplyDelete
  12. akan saya terapkan di blog saya.. terima kasih.. :)

    ReplyDelete
  13. Sangat Bermanfaat Gan ,Kalo fitur lain Web Master apa?
    Blog yang ini "masainfokini.blogspot.com" Menurut Agan ada yang kurang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blognya Mantab, kurang Sedikit pada Tag h1.h2 dan Meta tag Sudah lumayan tapi belum lengkap

      Delete

Silahkan Follow atau Like FP Cara Zone
Join Our Newsletter