Cara Zone

Portal online Tips dan tutorial

Dapatkan tutorial terupdate gratis dengan berlangganan artikel

Monday, March 23, 2015

Cara mendapatkan Foto yang lebih baik dengan menggunakan Ponsel Android

Cara mendapatkan Foto yang lebih baik dengan menggunakan Ponsel Android
Dengan berpegang pada mode Auto yang aman memang sangat baik, namun jika kamu mau mencoba untuk keluar dari hal tersebut, berikut adalah beberapa tips dan trik mengenai bagaimana mengambil gambar yang lebih baik dengan menggunakan Android milikmu.

Semua ini dapat dicapai dengan menggunakan hampir seluruh Android, dan akan meningkatkan hasil fotografimu tanpa biaya (atau dengan biaya yang paling sedikit).




Hindari penggunaan flash


Hindari penggunaan flash

Meskipun pada sebuah kamera DSLR, fungsi dari flash pada umumnya paling baik untuk digunakan pada saat terdesak. Jika kamu dapat menggunakan cahaya alami untuk menerangi gambar yang akan kamu ambil, kamu harus selalu menggunakannya, karena kamu mau gambar yang kamu ambil terlihat alami, bukan?

Ketika ada waktu dan tempat untuk menggunakan itu, LED flash di kamera smartphone cenderung ditempatkan dekat dengan lensa, yang akan menimbulkan efek silau yang jelek. Jika cahaya alami tidaklah cukup, maka tingkatkan nilai Exposure Value (EV) dan ISO di kamera milikmu. Ingat bahwa dengan meningkatkan ISO juga akan meningkatkan kekasaran pada gambar yang kamu ambil.

Jangan PERNAH gunakan zoom digital


Jangan PERNAH gunakan zoom digital

Sebuah fitur yang lebih merusak gambar yang kamu ambil pada kameramu adalah zoom digital yang buruk. Kecuali kameramu memiliki sebuah zoom optikal dimana lensa kameramu dapat diperpanjang keluar (seperti Samsung Galaxy K Zoom yang tidak terkenal), maka seluruh zoom yang kamu lakukan akan memperbesar dan memotong gambar yang kamu ambil.

Periksa rincian dari foto terbaik, terburuk dan Auto milikmu



Kita semua memiliki beberapa foto yang sangat bagus dan juga yang sangat buruk. Kapanpun kamu mengambil sebuah foto yang sangat bagus atau sangat buruk, periksa ‘Details’ dari foto tersebut untuk melihat ISO, exposure time dan aperture apakah yang dimiliki olehnya.

Dengan cara ini, kamu secara perlahan mempelajari pengaturan mana di smartphonemu yang bekerja dengan baik dengan kondisi cahaya tertentu. Ini berguna untuk dilakukan untik foto ‘Auto’, sehingga kamu dapat memperkirakan dengan mengembalikan pengaturan kameramu ke pengaturan awal, dan menyesuaikannya berdasarkan hasil pengamatanmu akan rincian dari foto-fotomu sebelumnya.

Gunakan mode HDR
Jika kamu memiliki lengan yang stabil dan sedang mengambil foto dari obyek berupa alat tulis, maka kamu harus menggunakan mode HDR (high dynamic range) jika kamu mau pencahayaan dan bayangan dalam foto tersebut terlihat dengan merata. Ini cukup berguna jika itu adalah gambar dengan kontras yang tinggi – banyaknya bits yang cukup gelap dan cukup terang.

Mode HDR mengambil dua atau lebih foto dengan exposure yang bervariasi secara hamper bersamaan, dan kemudian gabungkan bits yang paling baik dan paling cerah dari keduanya ke dalam satu foto. Jagalah kamera agar tidak bergerak ketika kamu menggunakan mode HDR, atau sebaliknya foto yang akan kamu ambil akan menjadi buram.

Foto bunga tanpa HDR

Foto bunga tdengan HDR

Gunakan filter sesudahnya



Terdapat beberapa orang yang menjelek-jelekkan filter-filter yang dapat kamu gunakan untuk membuat fotomu menjadi lebih bagus.
Benar, jika kamu adalah seorang fotografer yang professional maka kamu mungkin menganggap filter-filter tersebut adalah hal yang kuno, tetapi apa yang kamu lakukan jika kamu menggunakan sebuah kamera smartphone digital?

Untuk fotografer smartphone, filter retro, black-and-white, Windmere, Islandia dan filter hipster lainnya dapat menambahkan karakter pada foto yang telah diambil. Belakangan ini, sebagian besar smartphone Android memiliki fitur filter yang bagus, tetapi jika kamu tidak memiliki filter yang bagus di smartphonemu cobalah Pixlr (sebelumnya dikenal dengan Pixlr Express) untuk menambahkan filter yang bagus.

Trick pantulan kacamata


Jika kamu memiliki sebuah kacamata dengan sebuah lensa yang memiliki efek pantulan, kamu dapat mengambil sudut pandang yang bagus untuk beberapa foto. Sebuah saran yang baik untuk ini adalah kamu harus selalu mengatur agar ada sumber cahaya yang terpantul dari lensa sehingga kamu dapat mengambil gambar yang bagus baik dalam kejadian atau situasi apapun yang kamu lihat.

Buatlah satu subyek muncul beberapa kali dalam sebuah foto Panorama
Aplikasi Google Camera telah tersedia dalam Play Store dalam waktu yang lumayan lama sekarang, memungkinkan siapapun menjalankan Android 4.4 KitKat atau yang lebih tinggi lagi dalam Android miliknya. Dalam aplikasi tersebut, kamu dapat menggunakan fungsi Panorama untuk mengambil foto secara horizontal sepanjang sebuah pemandangan dan mengambil foto keseluruhan daratan.

Untuk sebuah efek yang menyeramkan, gerakkan pemandangan yang sedang kamu foto seiring dengan kameramu, buat mereka muncul lebih dari satu kali dalam sebuah gambar. Kunci untuk membuat ini bekerja dengan baik adalah dengan memegang kamera agar tidak bergerak ketika kamu memindahkan subyek, untuk ini kamu lebih baik meminta bantuan orang lain.

Gunakan Grid untuk mengambil foto menjadi beberapa bagian



Ini adalah salah satu yang paling sederhana, peraturan yang paling mudah untuk diingat mengenai fotografi, namun berguna untuk membuat komposisi fotomu terlihat bagus. Idenya adalah saat mata kita secara alami terpikat pada gambar yang dibagi ke dalam tiga bagian, dan subyek dari foto terlihat sedikit ke pinggir.

Untuk membantumu memperoleh gambar seperti ini, sebagian banyak kamera smartphone memungkinkan kamu menggunakan grid berbentuk dua garis horizontal dan dua garis vertical ketika kamu sedang mengambil foto. Subyek dari fotomu harus berada pada satu dari empat perpotongan garis-garis ini untuk mendapatkan foto yang paling bagus secara teorinya. Cobalah!

Menambahkan warna

Colorify Augmented Reality merupakan sebuah aplikasi yang kurang banyak diketahui orang, yang tersedia di Google Play Store. Dengan itu, kamu dapat dengan mudah memilih sebuah garmen atau obyek dan mengubah warnanya ke warna apapun yang kamu mau. Namun, yang perlu diperhatikan ketika menggunakan aplikasi ini, semakin kontras foto yang kamu edit, semakin baik.

Perlu diketahui juga bahwa Colorify akan menggantikan warna dari seluruh obyek dalam foto dengan “palette’ yang sama seperti yang terlihat dalam contoh foto berikut, ketika aplikasi tersebut mengubah warna dari denim seperti dia mengubah warna si pelatih.

Gunakan Tiny Planet
Ini merupakan salah satu trik mengubah foto paling keren yang dapat kamu lakukan – mengkombinasikan foto panoramik ke sebuah efek global yang disebut ‘Tiny Planet’. Kita memiliki dua aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mencapai efek ini. Aplikasi yang pertama, Tiny Planet FX, tidak gratis namun memiliki beberapa opsi spektakuler untuk mengubah efek-efek yang ada. Aplikasi yang kedua, Small Planet, ini gratis. Ini membutuhkan waktu untuk mencobanya sampai berkali-kali sampai kamu terbiasa menggunakannya, namun setelah kamu dapat melakukannya, kamu akan membuat beberapa foto yang sangat bagus.

Kita tau bahwa terdapat beratus-ratus lagi cara untuk meningkatkan fotografi smartphone milikmu di luar sana, dan mungkin kamu mengetahui sampai hampir semuanya. Jika kamu memiliki tips untuk membuat foto yang lebih bagus dengan menggunakan handphone Androidmu yang mau kamu bagikan, beri tahu kamu di kolom komentar di bawah.

1 comment:
Silahkan komentar
  1. Wah bener banget gan, foto jadi jernih gitu, btw terima kasih ya gan

    ReplyDelete

Silahkan Follow atau Like FP Cara Zone
Join Our Newsletter