Cara Zone

Portal online Tips dan tutorial

Dapatkan tutorial terupdate gratis dengan berlangganan artikel

Tuesday, April 21, 2015

Cara Menggunakan Google Analytics untuk Meningkatkan Pemasaran Anda

Cara Menggunakan Google Analytics untuk Meningkatkan Pemasaran Anda
Google Analytics adalah  aplikasi analisis web dunia yang paling populer , yang digunakan oleh hampir setiap webmaster lainnya. Menurut SimilarTech, hampir 61% dari atas 1 juta website (peringkat Alexa) menggunakan Google Analytics.

Namun, sebagian besar webmaster tidak menggunakan Google Analytics secara maksimal. Studi menunjukkan bahwa hampir 80% dari pengecer e-commerce tidak menggunakan Google Analytics dengan benar. Melihat statistik lalu lintas harian, tampilan halaman dan sumber lalu lintas adalah cara yang sangat dasar menggunakan Google Analytics.

Sebagai seorang webmaster, Anda dapat menggunakannya dalam cara yang jauh lebih maju dan memperoleh wawasan yang sangat berguna yang dapat digunakan untuk fine tune lalu lintas strategi dan kampanye pemasaran Anda.

Dalam posting ini, saya akan membahas beberapa cara Anda dapat menggunakan informasi yang dihasilkan oleh Google Analytics untuk meningkatkan isi website Anda, fine tune struktur SEO Anda dan menghasilkan lebih banyak lalu lintas.

#1. Meningkatkan Traffic Organik dengan Pertanyaan SEO dan Halaman Arahan Laporan
Salah satu tujuan utama pelacakan analisis situs Web Anda adalah untuk mengidentifikasi celah dan menemukan cara untuk menarik lebih banyak lalu lintas. Di Google Analytics, Anda dapat melakukan hal ini memantau permintaan SEO dan Halaman Arahan laporan.

Tapi Anda harus terlebih dahulu mengintegrasikan Google Analytics akun dengan Anda Google Webmaster Tools akun. Setelah kedua alat ini terintegrasi, Anda dapat melihat bagian atas melakukan query SEO untuk website Anda yang mendapatkan tayangan tertinggi di search engine.

Bagi Anda yang belum mengintegrasikan web/blog dengan Google Analytics, silahkan baca disini :
Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Google analytics

Inilah yang harus Anda lakukan.
  • Menggunakan laporan SEO dalam Google Analytics untuk melihat peringkat kata kunci, klik dan tayangan untuk website Anda.
  • Mengurutkan daftar kata kunci dengan jumlah tayangan, dan mencari kata kunci kesan tertinggi.
  • Ini adalah kata kunci yang Anda sudah peringkat baik di pencarian Google. Anda hanya perlu untuk meningkatkan klik melalui (RKT) untuk kata kunci tersebut untuk meningkatkan lalu lintas Anda.
Untuk meningkatkan CTR high impression keyword
  • Jauhkan halaman dan posting dengan judul sekitar 55 karakter, dan Isi artikel sekitar 156 karakter.
  • Memahami konteks di mana orang mencari kata kunci kesan tinggi Anda, dan kemudian membuat konten yang berguna bagi orang-orang. Buat konten Anda dengan niat untuk pengguna bukan untuk Mesin .
# 2. Meningkatkan Traffic Dengan Laporan Keyword
Untuk meningkatkan kunjungan ke situs Anda dengan menggunakan kata kunci yang tepat dalam konten Anda, Anda dapat menggunakan laporan keyword di Google Analytics. Untuk mengakses laporan ini, pergi ke Lalu Lintas  Laporan Sources√†Keyword.

Berikut Anda dapat menemukan kata kunci  yang mengarahkan lalu lintas ke blog Anda. Jika Anda fokus hanya pada 10 kata kunci membawa trafik tertinggi, di sini adalah bagaimana Anda dapat menggunakannya.
  • Gunakan mereka sebagai tag alternatif dalam gambar pada website Anda.
  • Juga menggunakan kata kunci dalam judul gambar pada website Anda.
  • Gunakan kata kunci  lalu lintas tinggi yang sama dalam judul halaman Anda dan deskripsi.
  • Membuat kata kunci tersebut merupakan bagian dari anchor teks link situs internal Anda. Tapi pastikan Anchor kata kunci berdasarkan  kata-kata alam lainnya juga. Misalnya, alih-alih menggunakan kata kunci "Blogger Themes" sebagai jangkar teks, gunakan "Berikut adalah beberapa blogger Themes terbaik" sebagai jangkar teks. Hal ini tampaknya lebih alami.
  • Buat konten blog lainnya menggunakan kata kunci lalu lintas tinggi Anda.
#3. Drive Traffic Menggunakan Arahan Laporan
Kunjungan ke situs Anda dibagi menjadi tiga kategori yakni - lalu lintas pencarian organik, lalu lintas arahan dan lalu lintas langsung.
Untuk memaksimalkan lalu lintas arahan Anda, Anda dapat menggunakan laporan Lalu Lintas SourceàReferral.
Cari tahu situs top yang mengirimkan lalu lintas ke web/blog Anda. Catat situs-situs tersebut, dan jika itu situs Media sosial ataukah Forum-forum besar, maka silahkan melakukan hal yang sama seperti apa yang pernah Anda lakukan sebelumnya.

Jejaring sosial:
Mengidentifikasi jaringan sosial yang mengirimkan lalu lintas terbesar pada web/blog Anda.
Identifikasi struktur pos yang bekerja yang terbaik untuk web/blog Anda. Meningkatkan frekuensi posting Anda dan meniru tulisan sukses untuk lebih banyak lalu lintas dan keterlibatan.
Untuk meningkatkan tingkat konversi lalu lintas referral Anda, Anda dapat membuat halaman arahan tertentu atau pesan yang disesuaikan untuk sumber-sumber rujukan yang berbeda. Anda dapat menggunakan tool seperti Hello Bar untuk melakukan hal ini.

Forum :
Mengidentifikasi Forum-forum yang mengirimkan lalu lintas terbesar pada web/blog Anda
Identifikasi Thread-thread yang membawa banyak pengunjung ke web/blog Anda
Tingkatkan Frekuensi posting/thread yang banyak disukai member forum tersebut

#4. Meningkatkan Blog Engagement Menggunakan Konten Ikhtisar Laporan
Orang mengunjungi blog atau website karena isinya. Jika konten Anda menyelesaikan masalah mereka, menjawab pertanyaan mereka dan membantu mereka dengan cara apapun, mereka akan selalu kembali .

Jadi penting untuk mengidentifikasi konten yang sebenarnya menarik trafik tertinggi. Untuk ini, Anda dapat menggunakan Ikhtisar Konten Laporan di Google Analytics. Menggunakannya untuk mengetahui konten utama Anda melakukan dan mengidentifikasi tren dari itu.

Silahkan lihat lagi di posting yang menarik trafik tertinggi. Mengidentifikasi lalu perbaiki dan mencoba untuk membuat mereka lebih komprehensif. Pada saat yang sama, membuat konten blog baru yang melengkapi konten populer.

Ini akan membantu Anda meningkatkan keterlibatan pembaca Anda dan waktu rata-rata pengguna di situs.

5) Gunakan Pengguna Laporan Arus untuk Meningkatkan Konversi
Salah satu tujuan utama untuk menarik lalu lintas ke situs Anda adalah untuk mengubahnya menjadi lead atau pelanggan. Tingkat konversi ini bahkan lebih penting daripada jumlah lalu lintas Anda. Untuk memastikan bahwa lalu lintas Anda memiliki tingkat konversi yang tinggi, Anda dapat menggunakan laporan Pengguna Arus di Google Analytics.
Inilah yang harus Anda lakukan.
  • Buka laporan arus pengguna di Google Analytics.
  • Mempersempit laporan lalu lintas, sumber, lokasi, perangkat dll
  • Untuk mengidentifikasi celah konversi, sorot lalu lintas ke halaman konversi tertentu.
  • Menganalisis drop rata-rata pengguna dari titik dalam funnel dari arahan untuk konversi.
Setelah Anda mengidentifikasi link yang lemah dalam saluran konversi Anda, Anda dapat meningkatkan konversi dengan melakukan hal berikut
  • Set up pada survei halaman di drop off poin tinggi dengan menggunakan alat-alat seperti Qualaroo untuk mencari tahu mengapa pengguna dropping website Anda.
  • Berdasarkan umpan balik, mengatur tes A / B untuk mengatasi keberatan mereka.
  • Mengidentifikasi penurunan tinggi lainnya dari poin dalam funnel konversi dan ulangi langkah di atas untuk membawa perbaikan.

#6. Optimalkan Pengalaman Pengguna Ponsel
Lalu lintas dari pengguna ponsel dan smartphone meningkat secara eksponensial. Anda tidak bisa mengabaikan pengguna ponsel saat membuat strategi lalu lintas. Untuk mengetahui pengalaman mobile dari situs Anda, gunakan laporan seluler di Google Analytics.

Dua faktor Anda harus fokus pada adalah tingkat bouncing dan waktu di situs. Jika tingkat bouncing yang tinggi, Anda mungkin perlu untuk melakukan penyesuaian dengan desain dan konten. Juga mengidentifikasi perangkat yang memiliki tingkat bouncing tertinggi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang alasan di balik tingkat bouncing yang tinggi.

Untuk memulai, pastikan Anda menggunakan desain website responsif yang menyesuaikan sesuai dengan dimensi perangkat pengguna. Juga mencoba untuk mengidentifikasi di mana dan mengapa pengguna datang dalam saluran Anda. Jalankan A tes / B untuk melihat apa cara kerja yang terbaik untuk web/blog Anda.

#7. Gunakan Laporan Pemirsa untuk Personalisasi Pesan Anda
Jika Anda menjalankan sebuah toko e-commerce atau menjual produk di website Anda, Anda dapat meningkatkan tingkat konversi Anda secara signifikan dengan menyediakan pengalaman pribadi pengguna . Untuk ini, Anda dapat menggunakan laporan pengguna di Google Analytics.

Menggunakan laporan ini, cobalah untuk mengidentifikasi preferensi isi segmen pemirsa yang berbeda di website Anda. Anda kemungkinan besar akan memiliki beberapa kelompok pengguna yang tertarik pada konten tertentu di situs Anda.

Membuat pesan pribadi dan pengalaman bagi pengunjung tersebut dan menunjukkan kepada mereka produk dan layanan yang mereka inginkan. Hal ini sangat efektif karena hampir 60% dari pembeli e-commerce mengatakan mereka lebih suka beli dari toko online yang bisa berinteraksi langsung dengan pemiliknya.

Kesimpulan
Google Analytics adalah alat analisis web yang sangat canggih yang dapat digunakan untuk mendapatkan wawasan yang sangat berharga dari kunjungan ke situs Anda. Dengan menggunakan laporan yang berbeda dan statistik yang tersedia di Google Analytics, Anda dapat mengidentifikasi celah dalam desain website Anda, isi atau struktur, dan membuat penyesuaian yang diperlukan.

Jika Anda tahu bagaimana menggunakan alat ini dengan cara yang benar, dapat memainkan peran kunci dalam membantu Anda mengembangkan strategi pemasaran online yang tepat untuk website Anda.


Terima Kasih semoga bermanfaat

13 comments:
Silahkan komentar
  1. thanks infonya sangat bagus dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Bener banget Mas.. kalau di Google Analytics, data-data yang di tampilkan lebih banyak dan detail.
    Terima kasih artikel nya..

    ReplyDelete
  3. Terima kasih info nya, jadi tambah pengetahuan dan bakalan dicoba.
    Salam Kenal :)

    ReplyDelete
  4. Selain Google, Bing juga punya fitur analytics.
    Tapi, dari segi tampilan dan info yang disajikan, saya pribadi lebih senang dengan Google analytics.
    Trims Gan..

    ReplyDelete
  5. Gan kalau bounce rate tinggi gimana ya cara menurunkannya cara yang paling ampuh..

    thxx...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.Menulis artikel yang unik menarik

      2.Tambahkan video yang berkaitan dengan postingan blog anda

      3.Gunakanlah widget-widget pendukung seperti widget artikel terkait, artikel populer, artikel terbaru, artikel paling banyak di komentari pembaca.

      4.Gunakan open link new tab agar pembaca tidak meninggalkan halaman yang dibaca sekarang pada saat akan membuka halaman yang baru.

      5. Artikel yang banyak dan saling berhubungan saling mengisi satu dengan yang lainnya maka akan membuat pengunjung blog semakin betah membaca artikel-artikel anda.

      Trima Kasih

      Delete
  6. google analytics sangat detail. sampe bingung saking lengkapnya.
    makasih tipsnya.

    ReplyDelete
  7. mau tanya dong, saya agak bingung dengan google analytics, kalau pake template bawaan blogger kok pengunjung seluler tidak terdeteksi ya ? apa emang gitu ? trus ada solusi gak ? minta sarannya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar, template selulernya tidak diaktifkan.
      Silahkan diaktifkan, Terima Kasih

      Delete
  8. terimakasih mas, tapi saya masih belum menemukan yang saya cari,
    di google anylitics setau saya kita bisa melakukan pengecekan seluruh post yang ada di website kita dan ada di posisi berapa post kita tersebut

    ReplyDelete
  9. bukannya google analitik digunakan hanya untuk melihat laporan traffic ya gan. apa iya bisa meningkatkan traffic juga ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang kami maksudkan disini yakni Salah satu tujuan utama pelacakan analisis situs Web Anda adalah untuk mengidentifikasi celah dan menemukan cara untuk menarik lebih banyak lalu lintas. Di Google Analytics, Anda dapat melakukan hal ini memantau permintaan SEO dan Halaman Arahan laporan.
      Jadi bukan untuk meningkatkan traffic
      Terima Kasih

      Delete

Silahkan Follow atau Like FP Cara Zone
Join Our Newsletter