Cara Zone

Portal online Tips dan tutorial

Dapatkan tutorial terupdate gratis dengan berlangganan artikel

Friday, April 17, 2015

cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami dan cepat hilang

cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami dan cepat hilang
Jerawat merupakan masalah kebanyakan orang. Dalam mencegah dan menghilangkan jerawat secara alami, perawatan kulit memegang peranan penting.

Beberapa bahan herbal Indonesia cukup banyak yang dapat bermanfaat untuk merawat kulit untuk mencegah dan mengatasi jerawat.

Bahan-bahan herbal ini telah diteliti dapat berfungsi sebagai anti bakteri, anti peradangan, mengurangi aktivitas kelenjar minyak dan mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat, antara lain:

cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami dan cepat hilang
Manggis
Kulit Manggis

Kulit buah manggis mengandung banyak bahan aktif yang dapat berfungsi sebagai anti peradangan, anti bakteri dan anti oksidan.

Temu Lawak
Temu Lawak
Temu Lawak

Bahan aktif dalam temulawak memiliki efek anti peradangan dan anti bakteri

Kunyit
Kunyit
Kunyit

Bahan aktif dalam kunyit yaitu curcumin ternyata menunjukkan aktivitas anti peradangan, anti oksidan dan mempercepat penyembuhan luka karena jerawat yang pecah.

Pepaya
Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang mampu menghilangkan sel kulit mati. Perawatan masker daging buah pepaya dapat mengurangi jerawat, dan memperbaiki kulit kasar.


Berikut ini cara mengaplikasikan dari setiap bahan-bahan diatas, Anda bisa memilih salah satu bahan mana yang ingin digunakan

cara menghilangkan jerawat dengan manggis

Caranya pertama :
Pertama-tama siapkan 2 buah kulit manggis yang masih segar, setelah itu rebus dengan 1 liter air sampai mendidih. Kemudian rendamkan handuk kecil kedalam air rebusan kulit manggis, lalu kompreskan pada kulit wajah yang berjerawat dan ulangi beberapa kali. Lakukan cara ini setiap malam sebelum tidur, jika jerawatnya tidak terlalu parah dapat hilang dalam waktu satu malam.

Cara kedua :
Siapkan 1 buah kulit manggis, lalu haluskan dengan blender dan tambahkan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis. Setelah itu, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah dengan menggunakan air hangat. Lalu maskerkan keseluruh kulit wajah sampai merata, diamkan selama 20 menit hingga masker kering. Kemudian basuh dengan air dingin, lakukan [erawatan ini secara teratur setiap malam sampai jerawat mengecil dan menghilang.


Cara menghilangkan jerawat dengan Temu Lawak

Cuci rimpang temulawak sebesar 1 jari, lalu potong-potong seperlunya. Selanjutnya rebus dalam 4 gelas minum air bersih sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan tambahkan madu kedalam air saringannya seperlunya, lalu diminum.
Pengobatan dilakukan sehari 2 kali, setiap kali cukup 1 gelas.

Untuk membuat bedak Sebagai obat jerawat dari bahan temu lawak berikut ini caranya :

  • Sebelum memulai program membuat bedak untuk kulit wajah berjerawat sendiri di rumah, Anda harus mengumpulkan berbagai bahan yang dibutuhkan, diantaranya adalah tepung beras olahan sendiri, akar rimpang temulawak dan minyak zaitun. Setelah semua bahan siap dan tersedia di meja. Mulai dengan membersihkan akar rimpang temulawak dan kupas kulitnya hingga tidak ada kulit yang tersisa.
  • Haluskan akar rimpang temulawak yang telah dikupas dan dibersihkan dengan baik dengan cara diblender, ditumbuk atau dicincang. Usahakan agar akar rimpang temulawak tersebut halus sempurna.
  • Setelah akar rimpang temulawak menjadi halus, masukkan tepung beras dan aduk hingga menjadi satu, tambahkan minyak zaitun dan aduk kembali adonan bedak hingga menghasilkan tekstur bedak alami yang diinginkan.\
  • Karena adonan bedak alami yang Anda buat itu cukup banyak dan kemungkinan besar Anda tidak dapat memakainya dalam satu pakai, bentuklah bedak dingin yang kaya akan kandungan temulawak ini menjadi butiran kelereng berukuran cukup besar dan keringkan bedak dingin tersebut di bawah terik sinar matahari selama beberapa waktu hingga bedak keras dengan sempurna. Ketika Anda ingin menggunakannya, Anda dapat menambahkan sedikit air untuk melarutkan bedak.\
  • Balurkan bedak di permukaan kulit wajah secara merata, tunggu selama 15-30 menit sampai bedak terasa kering dan mengeras di kulit wajah. Kandungan alami dari temulawak akan meresap dengan baik ke dalam lapisan terdalam kulit dan dapat membantu mengobati jerawat. Gunakan bedak alami ini sebanyak 3-4 kali pemakaian setiap minggu nya.

Bedak jerawat yang telah Anda diolah di atas merupakan jenis bedak dingin yang hanya dapat digunakan di rumah saja, artinya Anda tidak bisa memakai bedak ini disaat Anda akan bepergian keluar rumah karena warna putih dari tepung beras tidak bisa menyatu dengan baik dengan warna asli kulit. Mencoba untuk mengatasi jerawat denga bedak merupakan cara yang cukup unik dan tidak umum, namun tidak ada rugi dan salahnya untuk mencoba.

Cara menghilangkan jerawat dengan Kunyit

Cara Pertama
Siapkan segelas susu hangat dan satu sendok teh kunyit yang telah dihaluskan atau dibuat menjadi serbuk. Selanjutnya, campurkan kunyit ke dalam segelas susu kemudian aduk hingga merata dan warna susu menjadi warna kuning. Nikmati sekali sehari, sebelum tidur. Hal ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, yang akibatnya tubuh akan lebih mampu melawan infeksi bakteri penyebab jerawat sehingga cepat menyembuhkan jerawat yang membengkak.

Cara Kedua
Gunakan kunyit sebagai scrub untuk menghilangkan noda membandel yang ditinggalkan jerawat. Caranya, siapkan 2-3 sendok teh bubuk kunyit, 1-2 tetes minyak mustard atau minyak zaitun atau minyak jojoba, dan 1-2 tetes jus lemon. Kemudian campurkan ketiga bahan tadi, selanjutnya aplikasikan secara merata pada wajah dan biarkan sekitar kurang lebih 15 menit hingga bahan-bahan tadi meresap pada wajah, kemudian bilas dengan air bersih.

Cara Ketiga
Menggunakan kunyit dengan cara menerapkannya pada wajah secara topikal (dioleskan langsung pada kulit) untuk mengobati dan mencegah jerawat membandel kembali bersarang pada area wajah. Caranya. Siapkan bubuk kunyit secukupnya, air atau krim kunyi kemudian campur bahan-bahan tadi, pastikan agar ramuan tidak dibuat terlalu encer. Kemudian oleskan pada permukaan wajah yang diserang oleh jerawat. Gunakan sekali atau dua kali dalam sehari untuk membersihkan kulit wajah.
Dan itulah dia, manfaat kunyit untuk menghilangkan jerawat, daripada menggunakan obat anti jerawat dengan mengeluarkan dana yang lumayan. Sebaiknya, gunakan bahan alami yang cukup terjangkau, selain tanpa efek samping yang berbahaya, bahan ini tentunya mudah didapatkan dan tidak akan membuat anda ketergantungan.

Cara menghilangkan jerawat dengan Pepaya

  • Buah pepaya yang dihancurkan atau dihaluskan dicampur dengan madu,
  • Lalu oleskan ke daerah wajah atau kulit yang berjerawat. Mulai dari wajah hingga leher.
  • Setelah itu diamkan selama sekitar 20 menit sebelun dibilas dengan air hangat dan dikeringkan dengan handuk.

Anda juga bisa membuat Masker pepaya, caranya silahkan baca disini : Cara Membuat Masker Pepaya

1 comment:
Silahkan komentar

Silahkan Follow atau Like FP Cara Zone
Join Our Newsletter