Cara Zone

Portal online Tips dan tutorial

Dapatkan tutorial terupdate gratis dengan berlangganan artikel

Tuesday, May 12, 2015

10 Cara Agar Berhenti Gigi Grinding Atau Menggertakkan gigi

10 Cara Agar Berhenti Gigi Grinding Atau Menggertakkan gigi
Gigi grinding, medis dikenal sebagai bruxism, adalah salah satu yang paling gangguan gigi merusak dan masalah yang sangat umum. Banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka melakukannya karena terjadi secara tidak sadar saat terjaga atau saat tidur.

Gigi grinding mengacu mengepalkan atau grinding gigi Anda. Hal ini seperti menempatkan tekanan berulang pada gigi, otot, jaringan dan daerah sekitar rahang.

Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti gangguan sendi rahang, nyeri rahang, sakit kepala, sakit telinga, gigi rusak dan banyak lainnya. Gigi mengepalkan dan grinding juga dapat menyebabkan temporomandibular joint dysfunction (TMJ).

Penyebab paling umum dari gigi gerinda termasuk stres, tertekan marah atau frustrasi, gigi sejajar, pertumbuhan gigi dan rahang, komplikasi dari penyakit seperti Parkinson atau Huntington, beberapa jenis kutu parasit, dan efek samping dari obat tertentu. Hal ini juga sangat umum di antara orang-orang dengan fibromyalgia.

Seringkali, orang menjadi sadar akan masalah ketika mereka mengalami sakit kepala disertai dengan rasa sakit di gigi atau rahang mereka. Beberapa belajar bahwa mereka memiliki masalah ketika dokter gigi mereka melihat kerusakan itu telah dilakukan untuk gigi mereka.

Apakah Anda mengalami gejala yang dihasilkan dari masalah ini, penting untuk menghentikan gigi grinding.

Berikut adalah 10 cara untuk mencegah gigi grinding.

1. Compress Hangat
Compress Hangat
Menerapkan panas lembab di daerah rahang adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah gigi grinding dan mengepalkan rahang. Panas akan membantu mengendurkan rahang dan otot-otot mulut.

  • Rendam handuk dalam air panas dan peras kelebihan air.
  • Pegang lap lembab di sekitar area rahang.
  • Lakukan ini dua kali sehari untuk mengendurkan otot rahang Anda dan mencegah gigi grinding.
  • Jika Anda suka, Anda bahkan dapat mengambil mandi air hangat sebelum tidur. Kehangatan air dapat sementara mengendurkan otot rahang Anda.

2. Pijat
pijat lembut otot-otot leher, bahu, dan wajah dalam gerakan melingkar selama beberapa menit setiap hari sebelum tidur. Ini membantu meredakan ketegangan pada otot pengunyahan. Dengan demikian, mengurangi rasa sakit dan membantu mengurangi tekanan.

Sebuah full-body massage stres-manajemen juga akan bermanfaat sebagai stres biasanya penyebab utama gigi grinding.

3. Minyak esensial valerian
Valerian memiliki sifat otot-santai yang membantu Anda bersantai dan menikmati tidur nyenyak. Ketika Anda tidur lebih baik , ada sedikit kesempatan grinding gigi Anda.

  • Campur beberapa tetes minyak esensial valerian dalam satu sendok teh minyak zaitun dan pijat di ke rahang dan leher yang dekat dengan rahang.
  • Juga, minum teh valerian teratur.

4. Lavender
Lavender memiliki efek menenangkan dan menenangkan pada sistem saraf karena konstituen bioaktif nya. Plus, itu menginduksi relaksasi dan membantu Anda untuk tidur lebih baik.

  • Campur tiga atau empat tetes minyak esensial lavender dalam satu sendok teh minyak almond atau minyak zaitun.
  • Gunakan minyak ini untuk memijat rahang dan leher yang dekat dengan rahang.
  • Lakukan ini setelah siang hari dan lagi sebelum tidur.


5. Teh Herbal
Jika Anda tegang atau di bawah tekanan dan cenderung memiliki tidur yang terganggu, minum secangkir teh herbal sebelum tidur. Teh herbal hangat akan memiliki efek relaksasi pada tubuh Anda.

Ketika Anda rileks dari dalam, ada sedikit kesempatan bahwa Anda akan menggiling gigi Anda dalam tidur Anda. Plus, secangkir hangat teh herbal mempromosikan tidur nyenyak dan melemaskan otot-otot wajah.

Teh hijau dan teh chamomile adalah teh herbal pilihan terbaik. Anda dapat menggunakan teh hijau kemasan atau membuat teh chamomile.

  • Campur dua sendok teh bunga chamomile kering dalam secangkir air panas.
  • Aduk sampai merata.
  • Saring dan tambahkan jus lemon dan madu.
  • Minum teh ini satu atau dua jam sebelum tidur.

6. Kunyit dan Susu
Kunyit dan susu ketika digabungkan bersama-sama dapat membantu mengontrol masalah gigi grinding untuk sebagian besar. Susu memiliki asam amino triptofan, yang membantu Anda bersantai dan menikmati tidur nyenyak. Juga, kalsium dalam susu akan membantu menjaga gigi Anda sehat. Menambahkan kunyit susu akan meningkatkan manfaat kesehatan dan membantu nyeri releive.
  • Panaskan satu cangkir susu.
  • Ketika susu mulai mendidih, tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit.
  • Aduk perlahan sampai susu menjadi warna mustard.
  • Dinginkan, dan tambahkan satu sendok makan madu.
  • Minum setiap hari sekitar 30 menit sebelum tidur


7. Kalsium dan Magnesium

Gigi grinding juga dapat dikurangi atau dihentikan dengan mengambil kalsium dan magnesium suplemen setiap hari. Kalsium dan magnesium yang diperlukan untuk fungsi otot dan kesehatan sistem saraf.

Plus, mineral ini mendukung kekuatan gigi . Ketika ada kekurangan kalsium magnesium dalam tubuh, Anda dapat memiliki masalah dengan mengepalkan, kejang, kram, ketegangan dan masalah otot lainnya.
  • Ambil bubuk kalsium dan magnesium dalam rasio 2: 1 setiap hari.
  • Mulailah dengan 600 miligram kalsium dan 300 miligram magnesium. Anda bisa secara bertahap meningkatkan dosis sampai 1000 miligram kalsium dan 400 sampai 600 miligram magnesium.
  • Larutkan bubuk suplemen di cairan asam seperti jus jeruk atau jeruk.
  • Minum setiap hari selama dua bulan.


8. Vitamin C
Vitamin C sangat penting bagi tubuh Anda untuk berfungsi dengan baik. Vitamin ini juga penting untuk membuat dopamin neurotransmitter kunci, yang mengatur suasana hati.

Ini juga memainkan peran kunci dalam mengendalikan gerakan otot polos. Kekurangan vitamin C telah ditunjukkan untuk mempengaruhi produksi adrenalin dan noradrenalin, yang pada gilirannya mempengaruhi sistem saraf dan bahkan menyebabkan stres.
  • Ambil suplemen vitamin C setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.
  • Juga, cobalah untuk memasukkan lebih banyak makanan kaya vitamin C dalam diet Anda.


9. Pernapasan
Latihan pernapasan adalah cara lain untuk mencegah gigi grinding. Latihan pernapasan tersebut akan membantu Anda bersantai sebelum tidur. Deep bernapas juga memudahkan otot-otot lelah. Semakin santai Anda, semakin kecil kemungkinan Anda akan menderita gigi grinding dalam tidur Anda.

Satu jam sebelum tidur, berlatih beberapa latihan pernapasan dalam.

10. Latihan

Berolahraga secara teratur setidaknya tiga kali seminggu akan membantu mengurangi stres dan menenangkan tubuh Anda . Olahraga teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sistem fungsi peredaran darah, yang memperkuat kemampuan Anda untuk mengatasi situasi stres. Juga, olahraga membantu Anda tidur lebih baik.

Setelah makan malam, berjalan-jalan di taman atau terlibat dalam beberapa latihan ringan lainnya untuk membantu meringankan beberapa ketegangan dan stres yang dapat menyebabkan gigi grinding. Juga, menghindari mengambil zat perangsang seperti teh, kopi, atau alkohol setelah makan malam karena dapat memperburuk masalah.

Dengan menggunakan tips sederhana diatas, Anda dapat dengan mudah mencegah gigi grinding. Namun, jika masalah parah, konsultasikan dengan dokter. Anda mungkin perlu untuk menggunakan penjaga mulut atau alat pelindung gigi (splint) saat tidur untuk mencegah kerusakan gigi.

No comments:
Silahkan komentar

Silahkan Follow atau Like FP Cara Zone
Join Our Newsletter