Cara Zone

Portal online Tips dan tutorial

Dapatkan tutorial terupdate gratis dengan berlangganan artikel

Tuesday, May 12, 2015

10 Cara efektif Agar Berhenti Menggigit Kuku

10 Cara efektif Agar Berhenti Menggigit Kuku

Menggigit kuku adalah kebiasaan kompulsif oral yang sangat umum pada anak-anak dan orang dewasa. Secara medis, hal ini dikenal sebagai onychophagia. Banyak orang bahkan tidak menyadari fakta bahwa mereka menggigit kuku mereka. Dari kebiasaan ringan, menggigit kuku bisa menjadi masalah yang lebih serius.

Stres, kebosanan, frustrasi, kecemasan dan kesepian adalah beberapa alasan umum di balik menggigit kuku. Hal ini juga bisa menjadi gejala dari kondisi psikologis, seperti gangguan obsesif-kompulsif/such as obsessive-compulsive disorder(OCD), oppositional defiant disorder (ODD), attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), gangguan kecemasan atau mengompol.

Menggigit kuku memiliki konsekuensi baik fisik dan emosional. Menggigit kuku berlebihan dapat menyebabkan kerusakan parah pada kuku, kutikula serta kulit di sekitarnya, yang dapat menjadi merah dan sakit dan bahkan mungkin berdarah dan mendapatkan terinfeksi. Menggigit kuku juga dapat membahayakan gigi Anda.

Sebagai penampilan kuku digigit-down bisa memalukan, ini dapat menambah kecemasan dan stres. Plus, tindakan menggigit kuku Anda tidak dapat diterima secara sosial dan memberikan kesan negatif kepada orang lain.

Menggigit kuku adalah kebiasaan yang sangat sulit untuk istirahat, tapi bukan tugas yang mustahil. Anda dapat melakukannya dengan sedikit motivasi dan kemauan yang kuat. Ada juga banyak bantu alami yang dapat membantu Anda berhenti menggigit kuku Anda.

Berikut adalah 10 alat bantu alami untuk berhenti menggigit kuku.

1. Neem Oil
Neem Oil
Rasa pahit dari minyak nimba dapat membantu Anda berhenti menggigit kuku. Selain itu, menjadi antiseptik, minyak nimba akan menjaga kuku Anda bebas dari infeksi.

Caranya :
  • Gunakan bola kapas untuk menggosok minyak nimba pada kuku Anda.
  • Biarkan hingga kering sendiri.
  • Bila Anda tidak sadar menggigit kuku Anda, rasa pahit akan memaksa Anda untuk menghapus jari Anda dari mulut Anda.


2. Bawang putih

Bawang putih
Bawang putih merupakan bahan alami yang dapat membantu Anda dalam pertempuran melawan menggigit kuku. Banyak orang tidak suka bawang putih rasa kuat dan aroma. Bawang putih merupakan antiseptik alami, juga akan memperkuat kuku Anda dan menjaga infeksi di teluk . Anda dapat menggunakan kedua bawang putih mentah dan minyak bawang putih.

Caranya :
  • Potong siung bawang putih menjadi dua bagian. Gosokkan salah satu bagian diatas kuku Anda  dan biarkan selama beberapa menit sebelum mencucinya. Rasa bawang putih berlama-lama akan menghentikan Anda dari menggigit kuku Anda.
  • Anda juga dapat menggosok sedikit minyak bawang putih pada kuku Anda dengan bola kapas.


3. buah paria / buah pare / Bitter Gourd

Bantuan alami lain yang sangat efektif untuk menghentikan menggigit kuku adalah labu pahit/buah paria. Seperti namanya, diketahui untuk rasa pahit.

Caranya :

  • Membuat pasta dengan menghancurkan satu labu pahit.
  • Masukan pasta pada saringan untuk mengekstrak jus.
  • Oleskan jus pada kuku dan jari dan biarkan hingga kering.
  • Rasa pahit akan mencegah Anda dari menggigit kuku Anda.


4. Nail Biting Polish

Ada banyak Cat kuku poles yang tersedia di pasar yang dirancang khusus untuk membantu orang berhenti mengigit kuku.

Gunakan cat kuku pahit untuk melapisi kuku Anda. Rasa pahit akan mencegah Anda dari menggigit kuku Anda.
Anda bahkan dapat menggunakan cat kuku biasa berwarna gelap . Ketika kuku dalam warna gelap, mereka terlihat buruk ketika terkelupas dari bekas gigitan. Hal ini dapat membantu memotivasi Anda untuk menghentikan kebiasaan itu.

5. Potong Kuku
Pilihan lain yang baik untuk berhenti menggigit kuku adalah untuk memotong kuku Anda secara teratur . Ketika Anda menjaga kuku Anda relatif singkat, ada sedikit kiri untuk menggigit. Pemangkasan kuku Anda juga akan menjaga mereka tampak rapi dan rapi.

Pilih gunting yang tepat untuk pekerjaan itu dan setelah pemangkasan, memoles tepi dengan filer kuku.

6. Manicure
Perlakukan diri Anda untuk manikur profesional sesering yang Anda bisa untuk membantu Anda menghentikan kebiasaan menggigit kuku. Sebuah manikur profesional dapat menerapkan kuku akrilik lebih kuku alami Anda, atau menambahkan dekorasi kuku seperti perhiasan, pola dan tekstur.

Lebih indah kuku Anda terlihat, maka akan semakin berfungsi sebagai pencegah. Biaya yang Anda bayar untuk manikur juga dapat mencegah Anda dari menggigit kuku mereka.

7. Kuku Buatan / kuku palsu

Memakai kuku palsu adalah cara yang bagus untuk menjaga kuku Anda tertutup sehingga Anda tidak bisa menggigit mereka. Juga kuku palsu akan menyembunyikan kuku digigit dengan cara bergaya.

Ada berbagai jenis kuku buatan yang tersedia di pasar seperti akrilik, membungkus, gel dan tekan-pada kuku. Selalu memilih ukuran yang tepat kuku buatan untuk mengurangi risiko jatuh.

8. Pakailah sarung tangan

Sarung tangan bekerja sebagai metode penghalang yang baik yang dapat membantu Anda berhenti menggigit kuku Anda. Anda akan lebih termotivasi untuk berhenti menggigit jika Anda sedang menulis atau melakukan sesuatu yang lain yang sangat sulit dilakukan sambil mengenakan sarung tangan.

Mengenakan sarung tangan selama bulan-bulan musim dingin baik-baik saja, tapi memakai mereka di tengah-tengah musim panas dapat terlihat konyol. Ingatkan diri Anda bahwa jika Anda berhenti menggigit kuku, tidak akan ada perlu memakai sarung tangan. Ini bekerja sebagai alat motivasi.

9. Perban/plester perekat

Penghalang lain yang baik untuk mencegah menggigit kuku yakni dengan menerapkan perban perekat di ujung jari Anda. Juga, seperti paku dibalut tidak terlihat baik, mereka bekerja sebagai motivator untuk berhenti menggigit kuku.

Jauhkan perban pada jari-jari Anda di siang hari dan gunakan pada malam hari. Anda dapat menerapkan perban segar setiap kali Anda mandi, atau setiap kali mereka menjadi basah atau kotor.


10. Mengadopsi kebiasaan baru
Jika Anda menggigit kuku Anda ketika Anda sedang stres, depresi atau bosan, mengambil kebiasaan baru yang akan membuat Anda terganggu. Memilih hobi yang akan membuat kedua tangan dan pikiran sibuk dan dengan demikian mencegah Anda menggigit kuku Anda.

Beberapa hobi yang dapat Anda coba yakni membuat kerajinan tanah liat, merajut, menggambar, memasak, melukis dan musik. Berpartisipasi dalam kegiatan ini juga akan membantu mengurangi tekanan emosional yang berkontribusi terhadap menggigit kuku.

Tips tambahan:

  • Anda juga bisa mengunyah permen karet atau menghisap permen atau permen sepanjang hari.
  • Membawa botol air dengan Anda sehingga Anda dapat mengambil seteguk air bukannya menggigit kuku Anda ketika Anda memiliki momen yang lemah.
  • Visualisasikan diri Anda dengan kuat, kuku yang sehat. Memasang foto kuku yang sehat di dinding Anda, atau bahkan membawanya dengan Anda. Ini akan memotivasi Anda untuk mencapai tujuan Anda.
  • Mempertahankan diet yang sehat untuk membantu kuku Anda memperbaiki dan tumbuh dengan baik . Makan kalsium dan makanan yang kaya magnesium sehingga kuku Anda akan memperbaiki dan tumbuh dengan baik.
  • Mengurangi stres sehingga Anda dapat menjadi lebih rileks.
  • Jika Anda sudah mencoba segalanya untuk berhenti menggigit kuku Anda dan tidak ada yang bekerja, mungkin sudah saatnya untuk melihat dokter Anda. Kadang-kadang, menggigit kuku bisa menjadi gejala dari masalah yang lebih besar seperti gangguan obsesif-kompulsif (OCD) atau depresi.

No comments:
Silahkan komentar

Silahkan Follow atau Like FP Cara Zone
Join Our Newsletter