Cara Zone

Portal online Tips dan tutorial

Dapatkan tutorial terupdate gratis dengan berlangganan artikel

Sunday, May 24, 2015

10 cara untuk meningkatkan sirkulasi darah

cara untuk meningkatkan sirkulasi darah
Sirkulasi darah yang tepat dalam tubuh adalah penting untuk kesehatan yang optimal. Sirkulasi darah melalui nutrisi, mineral dan oksigen bisa ditransfer ke berbagai bagian tubuh. Juga, sirkulasi yang tepat mendorong pertumbuhan sel dan fungsi organ.

Sirkulasi darah yang buruk dapat mempengaruhi seluruh tubuh, termasuk otak, jantung, hati, ginjal dan anggota tubuh. Hal ini dapat menjadi faktor dalam berbagai masalah kesehatan.

Gejala umum dari sirkulasi yang buruk adalah mati rasa atau kesemutan sensasi di bagian tubuh tertentu, tangan dan kaki dingin, kelelahan, pusing, rambut rontok, kulit kering, edema, sakit kepala, kram otot, nyeri di kaki, dan detak jantung tidak teratur.

Banyak faktor yang dapat berkontribusi untuk sirkulasi darah yang buruk, seperti gaya hidup, merokok, minum berlebihan, kafein, kebiasaan makan yang buruk dan jam kerja yang panjang duduk di tempat kerja.

Hal ini juga dapat disebabkan oleh kondisi medis seperti kehamilan, diabetes, kolesterol tinggi, penyakit tiroid, obesitas, tekanan darah tinggi, gangguan saraf, anemia, menyempit atau pembuluh darah tersumbat, dan alergi makanan.

Anda dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh Anda dengan membuat perubahan gaya hidup, makan makanan yang sehat dan menggunakan pengobatan rumah. Mereka yang menderita gangguan peredaran darah harus berkonsultasi dengan dokter.

Berikut adalah 10 cara untuk meningkatkan sirkulasi darah.

1. Latihan
Latihan
Latihan adalah cara terbaik untuk meningkatkan sirkulasi darah yang baik. Tidak perlu untuk melakukan latihan latihan beban yang berat. Bahkan, latihan sederhana dan ringan seperti aerobik cukup untuk meningkatkan aliran darah.

Instruksi :
  • Berjalan selama minimal 30 menit, setidaknya 5 kali seminggu.
  • Nikmati berenang, joging, bersepeda, trekking dan kegiatan serupa, beberapa kali seminggu.


Catatan: Jangan terlalu memaksakan diri dengan latihan, terutama bila sirkulasi miskin.

2. Pijat
Pijat biasa membantu memindahkan darah melalui daerah padat. Sebuah pijat seluruh tubuh membantu melebarkan pembuluh darah, yang pada gilirannya memfasilitasi aliran darah.

Instruksi :
  • Panaskan beberaapa tetes minyak zaitun, kelapa atau minyak almond. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak rosemary.
  • Gunakan minyak untuk memijat secara lembut namun tegas pada tangan, kaki, pergelangan kaki dan bagian tubuh lainnya
  • Tunggu beberapa waktu, kemudian silahkan mandi dengan air hangat.
  • Nikmati pijat beberapa kali seminggu.


Catatan: Ketika melakukan pijat, menjaga gerakan diarahkan jantung untuk mempromosikan darah vena dan aliran getah bening.

3. Hydrotherapy
Hydrotherapy
Hidroterapi adalah cara lain yang sederhana dan efektif untuk meningkatkan sirkulasi darah. Ini membantu melebarkan pembuluh darah dan dengan demikian meningkatkan aliran darah.

Menikmati mandi air panas, mandi uap, pusaran air mandi, atau bersauna beberapa kali seminggu.

4. Kunyit
Kunyit
Kunyit adalah rempah-rempah yang indah yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, membantu mencegah platelet darah dari pembentukan gumpalan dan mengurangi penumpukan plak di arteri.

Menurut sebuah studi 2012 yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition Research, suplemen kurkumin positif mempengaruhi aliran darah yang mirip dengan berolahraga.

Instruksi :

  • Tambahkan 1 sendok teh bubuk kunyit dan sedikit madu untuk segelas susu hangat. Minum 1 atau 2 kali sehari.
  • Ambil suplemen kunyit, setelah konsultasi dengan dokter.
  • Juga, masukkan kunyit dalam masakan Anda.

5. Cayenne / Cabe rawit
Cabe rawit mengandung capsaicin yang membantu merangsang aliran yang tepat dari darah ke seluruh tubuh dan organ. Hal ini juga memperkuat arteri dan kapiler. Plus, membantu mengurangi gejala sirkulasi darah yang buruk seperti sakit, sakit kepala, kaki dingin dan kesemutan sensasi di kaki .

Instruksi :

  • Mix ½ sendok teh bubuk cabai rawit, 2 sendok makan cuka sari apel organik dan 1 sendok makan sirup gula molasses dalam secangkir air. Minum ramuan ini dua kali sehari.
  • Juga, masukkan cabe rawit dalam masakan Anda atau mengambil suplemen setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Catatan: Wanita yang sedang hamil atau menyusui harus menghindari mengkonsumsi cabai rawit.

6. Minyak Kelapa
Minyak Kelapa

Minyak kelapa sangat bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah. Ini memiliki lemak sehat dan mengandung trigliserida rantai menengah yang membantu meringankan peradangan pada arteri. Hal ini pada gilirannya meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Instruksi :

  • Konsumsi 2 sampai 3 sendok makan minyak kelapa extra-virgin harian.
  • Anda juga dapat menggunakan minyak kelapa hangat untuk memijat tangan dan kaki setiap hari.

7. Green Tea/teh hijau
Green Tea/teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Hal ini terkait dengan peningkatan kadar oksida nitrat, vasodilator kuat. Ini membantu memperlebar pembuluh darah, sehingga meningkatkan aliran darah.

Instruksi :

  • Masukan kantong teh hijau dalam secangkir air panas selama 5 menit.
  • Tambahkan madu dan minum.
  • Minum 2 sampai 3 cangkir teh hijau setiap hari.

8. Dark Chocolate / cokelat hitam

Kakao dalam cokelat hitam membantu meningkatkan aliran darah. Selain itu, menurut sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, dark chocolate meningkatkan aliran darah ke kaki dengan mempengaruhi bio-bahan kimia yang arteri yang cepat melebar.

Makan sepotong kecil cokelat hitam setiap hari untuk meningkatkan sirkulasi. Namun, pastikan untuk memilih dark chocolate yang setidaknya 70 persen kakao.

< b>9. Jahe
Jahe adalah bahan dapur umum yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Ini mengandung senyawa seperti gingerol dan zingerone yang memiliki efek pemanasan pada tubuh, sehingga sirkulasi darah yang baik.

Konsumsi rutin jahe juga mencegah pembekuan darah dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung dan aterosklerosis.

Instruksi :

  • Minum teh jahe 2 atau 3 kali sehari.
  • Untuk membuat teh, rebus 1 sendok makan irisan tipis jahe dalam 2 gelas air selama 10 menit. Saring, tambahkan madu dan minum.
  • Anda juga bisa mengunyah beberapa iris jahe segar setiap hari atau menyertakan jahe kering atau segar dalam masakan Anda.

Pilihan lain adalah untuk mengambil tablet jahe setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

10. Bawang putih
Bawang putih

Bawang putih meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah dan mencegah agregasi platelet darah. Hal ini efektif dalam mencegah penumpukan plak di arteri dan mengurangi risiko aterosklerosis. Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition pada tahun 2006 menemukan bahwa bawang putih baik untuk kesehatan jantung.

Instruksi :

  • Makan 2 sampai 3 siung bawang putih mentah setiap hari pada waktu perut kosong.
  • Juga, masukkan bawang putih dalam masakan sehari-hari Anda atau mengambil suplemen setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Tips tambahan

  • Jangan duduk atau berdiri dalam posisi yang sama terlalu lama. Ambil istirahat secara teratur setiap beberapa jam.
  • Mengurangi asupan kafein dan alkohol.
  • Jika Anda merokok, penting untuk berhenti.
  • Hindari makan makanan yang tinggi lemak jenuh.
  • Batasi konsumsi garam.
  • \Makan buah-buahan kaya vitamin C karena membantu menjaga lapisan arteri yang kuat.
  • Makan buah-buahan segar dan sayuran berdaun yang memiliki tingkat antioksidan di dalamnya.
  • Minum banyak air setiap hari untuk menghidrasi sel-sel dan mendorong pasokan rutin mineral.
  • Mempertimbangkan untuk mengambil suplemen omega-3 setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Sumber:
jn.nutrition.org/content/136/3/736S.abstract
http://jaha.ahajournals.org/content/3/4/e001072.full

No comments:
Silahkan komentar

Silahkan Follow atau Like FP Cara Zone
Join Our Newsletter