Cara Zone

Portal online Tips dan tutorial

Dapatkan tutorial terupdate gratis dengan berlangganan artikel

Tuesday, May 12, 2015

9 Cara Mencegah Stretch Marks ( Parut pada daerah kulit )

Cara Mencegah Stretch Marks
Apakah Stretch Mark?
Stretch Mark, juga dikenal sebagai striae, adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan munculnya lesi linear yang menyerupai jaringan parut pada daerah kulit yang mengalami peregangan yang berkepanjangan dan berulang-ulang; lesi-lesi ini kadang-kadang terasa gatal. Setelah awal kemunculannya, tanda-tanda ini akan bertambah besar dan berubah warna menjadi merah dengan lebarnya berkisar antara 1-10 milimeter dan sampai beberapa sentimeter.

"Stretch mark tidak dapat dihilangkan, namun dapat disamarkan. Stretch mark itu terjadi akibat peregangan kulit secara cepat atau terjadinya trauma pada kulit,"

Kondisi ini lebih sering muncul pada wanita yang sedang hamil, obesitas, binaragawan atau remaja yang mengalami pertumbuhan yang pesat. Penyebab pastinya belum diketahui, tetapi kadang-kadang kondisi ini muncul karena pemakaian kortikosteroid yang terus menerus atau mereka yang menderita sindroma Cushing.

Sebagian besar merupakan masalah kosmetik dan tidak berbahaya; namun, komplikasi seperti pecahnya stretch mark mungkin terjadi. Prognosisnya baik karena kondisi ini dapat disembuhkan dan bahkan, dapat hilang tanpa intervensi seiring dengan perjalanan waktu. Individu dengan masalah seperti ini harus mencari seorang dokter ahli.

Stretch mark adalah bekas luka yang muncul pada kulit Anda karena perubahan mendadak dalam ukuran tubuh. Hal ini biasanya terjadi selama kehamilan, kenaikan berat badan yang cepat atau rugi, dan pubertas.

Namun, stretch mark tidak hanya disebabkan oleh peregangan berlebihan pada kulit. Faktor-faktor tertentu, seperti predisposisi genetik, dapat meningkatkan kemungkinan Anda mengembangkan stretch mark.

Stretch mark tidak dapat di hilangkan, tetapi dapat dicegah ketika masih berwarna kemerahan (masih tahap awal). Pencegahannya bisa dengan memberi pelembab yang akan memberikan rasa hangat, hal ini untuk membuat peredaraan darah lebih lancar sehingga memberi nutrisi pada kulit. Stretch mark yang dipengaruhi oleh faktor keturunan lebih sulit untuk disembuhkan.

Namun demikian, Anda dapat mengambil beberapa langkah pencegahan untuk mencoba untuk menghindari masalah ini. Tindakan terbaik adalah untuk menjaga kulit Anda sehat dan terhidrasi untuk meningkatkan elastisitas. Ada banyak langkah-langkah tambahan yang dapat Anda ambil untuk meminimalkan kemungkinan merek tersebut muncul.

Berikut adalah 10 tips untuk membantu mencegah stretch mark.

1. Oleskan minyak kelapa
Menggunakan minyak kelapa mungkin adalah cara alami terbaik untuk menjaga kelembaban kulit Anda
  • Gosokkan minyak kelapa pada bagian kulit perut atau daerah paha dan selangkangan.
  • Pijat daerah untuk membantu penyerapan ke dalam kulit.
  • Lakukan ini dua atau tiga kali seminggu, selama masa kehamilan
  • Jika Anda tidak memiliki minyak kelapa, Anda bisa menggunakan minyak zaitun, cocoa butter, shea butter, minyak alpukat, minyak emu, atau hanya beberapa baby oil.

2. Gunakan minyak jarak kemasan
Ibu hamil sering disarankan untuk menggunakan minyak jarak untuk mencegah stretch mark. Orang telah menggunakan minyak jarak untuk mencegah dan mengurangi garis-garis, winkles, bintik-bintik, noda, dan lainnya baik masalah kulit untuk usia. Ia bekerja sebagai humektan, membantu kulit Anda mempertahankan kelembaban.
  • Oleskan minyak jarak pada kulit Anda.
  • Lapisi atau bungkus daerah yang tadi dilapisi minyak jarak 
  • Terapkan setidaknya selama 45 menit.
  • Buka plastik pembungkus lalu bersihkan sisa minyak yang ada
  • Ulangi setiap 2 kali seminggu.

3. Tetap terhidrasi
Minum banyak air sepanjang hari akan membantu menjaga kulit Anda terhidrasi. Hal ini membuat kulit Anda kenyal dan membantu menjaga elastisitas, Untuk hasil terbaik, minum setidaknya dua liter air setiap hari.

4. Nikmati makanan bergizi
Makan diet seimbang dan bergizi yang kaya akan vitamin C dan E, seng, silika, dan nutrisi lain untuk menyehatkan kulit Anda. Vitamin C, khususnya, adalah penting untuk regenerasi jaringan ikat.

Mineral seperti seng dan silika juga bermanfaat, seperti zinc membantu dalam sintesis kolagen dan silika membantu memproduksi kolagen. Jadi, termasuk berbagai makanan seperti stroberi, blueberry, bayam, wortel, kacang hijau, collard hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian dalam diet Anda.

5. Vitamin E
Vitamin E adalah antioksidan kuat yang melindungi serat kolagen di kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini membuat serat kolagen kuat dan mempromosikan elastisitas kulit .

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, makan makanan tinggi vitamin E (almond, buah zaitun, biji bunga matahari, bayam, alpukat, labu, dll) dan pijat kulit Anda dengan vitamin E minyak atau krim beberapa kali sehari. Anda dapat mengambil vitamin E suplemen oral juga.

6. Melembabkan dengan campuran minyak
Anda dapat membuat beberapa campuran minyak yang menarik dengan menggabungkan minyak esensial dan dasar yang berbeda dan menggunakan mereka untuk melembabkan kulit Anda.

  • Campurkan satu cangkir  minyak zaitun dan minyak kelapa. Tambahkan empat sendok makan minyak vitamin E dan isi kapsul enam vitamin A. Secara teratur memijat kulit Anda dengan campuran tersebut.
  • Campur sedikit minyak kelapa, cocoa butter, dan shea butter. Cairkan campuran dalam microwave atau double boiler. Lalu tambahkan sedikit minyak vitamin E dan menerapkannya pada kulit Anda. Ini adalah buatan sendiri  untuk mencegah  stretch mark.
  • Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak jeruk dalam minyak vitamin E dan kemudian menerapkannya pada kulit Anda.

7. Jangan Menurunkan berat badan dengan cepat
Jika Anda bekerja keras untuk menurunkan berat badan secara ekstra, yang terbaik adalah tidak kehilangan lebih dari satu pon seminggu penurunan berat badan yang cepat dapat meninggalkan stretch mark jelek. Demikian pula, kenaikan berat badan yang cepat juga dapat menyebabkan stretch mark.

Misalnya, mereka dapat muncul selama kehamilan atau intens latihan untuk membangun otot-otot dalam waktu singkat. Itu adalah normal untuk mendapatkan sekitar 22-28 pon selama kehamilan, tetapi wanita harus berhati-hati "eating for two" agar tidak mendapatkan lebih berat daripada yang diperlukan untuk mendukung perkembangan bayi.

Seperti untuk membangun otot, stretch mark lebih mungkin muncul ketika Anda mengangkat beban berat dengan repetisi rendah massal cepat. Jadi, untuk mencegah stretch mark, membangun massa otot dengan menggunakan bobot cukup berat dan meningkatkan repetisi.

8. Berolahraga secara teratur
Teratur, olahraga ringan meningkatkan sirkulasi, yang pada gilirannya memelihara sel-sel kulit. Selain itu, nada otot dan meningkatkan elastisitas kulit.

Selanjutnya, olahraga teratur membantu mengatur hormon dan menginduksi keringat untuk menghilangkan racun dari tubuh. Wanita hamil dapat melakukan latihan ringan atau latihan yang dirancang untuk wanita hamil dalam rutinitas mereka setelah berkonsultasi dengan dokter mereka.

9. Hindari kortikosteroid
Sering menggunakan secara berkepanjangan kortikosteroid topikal, seperti salep dan krim, dikaitkan dengan risiko lebih besar terkena stretch mark permanen. Penggunaan tersebut dapat menyebabkan atrofi kulit (penipisan kulit). Jadi, lebih baik untuk menggunakan obat-obat ini sebentar-sebentar atau tidak menggunakannya sama sekali.

No comments:
Silahkan komentar

Silahkan Follow atau Like FP Cara Zone
Join Our Newsletter