Cara Zone

Portal online Tips dan tutorial

Dapatkan tutorial terupdate gratis dengan berlangganan artikel

Wednesday, May 20, 2015

9 Tips Powerfull Menggunakan Facebook Meningkatkan Penjualan

9 Tips Powerfull Menggunakan Facebook Meningkatkan Penjualan
Dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna terdaftar, angka terus meningkat, Facebook adalah merupakan jejaring sosial terbesar saat ini. Ini bernilai lebih dari output tahunan banyak negara dan memiliki pengguna dari seluruh dunia.
Jumlah data Facebook memiliki detail di mana orang rela berbagi informasi tentang mereka di Facebook, membuat Setiap pemasar atau para internet marketing memanfaatkan celah ini untuk membidik target pasar yang tepat untuk setiap produk yang akan mereka jual.

Facebook memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna terdaftar. Lebih dari 699.000.000 orang menggunakan/on ke Facebook setiap hari.
Rata-rata orang menghabiskan sekitar 15 jam dan 33 menit di Facebook setiap bulan. Hal ini membuat total 700 miliar menit global.

Lebih dari 2,5 juta website telah terintegrasi dengan Facebook.
Saat ini ada ribuan halaman Facebook dimana orang menjual produk langsung ke fans mereka. Meskipun tidak selalu terstrategi dengan baik atau tertarget sesuai dengan produk yang mereka jual.

Mungkin Anda sering melihat, ataukah Anda sendiri punya Fanspage dengan jumlah Like puluhan bahkan ratusan ribu, namun hasil penjualan sangat minim bahkan tidak ada sama sekali transaksi?

Apa penyebab semua itu?, itu semua karena target market produk Anda tidak sesuai dengan para Liker Fanspage Anda.
Mungkin sewaktu Anda membuat fanspage agar terlihat ramai dan keren, Anda memutuskan untuk membeli Like..dan alangkah ironisnya Fanspage yang terlihat ramai diluar ( gagah karena byk like ), namun Anda sedih karena tidak ada satu transaksipun selama berbulan-bulan.

Untuk itulah Tips berikut ini kami persembahkan pada Anda, bagaimana cara yang powerfull Menggunakan Facebook Untuk Meningkatkan Toko E-commerce Anda

Jika Anda memiliki situs e-commerce atau toko online, Anda dapat menggunakan kekuatan Facebook untuk mencapai target pelanggan Anda dengan lebih efektif dan mendorong mereka untuk menyimpan dan meningkatkan penjualan online Anda.

Bagi Anda yang berjualan lewat akun pribadi, segera ubah menjadi Fanspage karena sudah ada aturan baru dari facebook akan menghapus akun pribadi yg berjualan, baca disini : Cara Mengubah Akun Pribadi Menjadi Fanpage Facebook

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan Facebook untuk memperkuat toko e-commerce Anda.

1.Konten adalah Raja - Bahkan di Facebook

Kualitas konten adalah raja di mana-mana. Namun jenis konten yang beresonansi dengan pengguna Facebook sangat berbeda dari konten blog atau artikel. Di sini, jika Anda menulis update status 1000 kata, sangat sedikit dari fans Anda akan memiliki kesabaran untuk membaca sampai akhir.

Pengguna facebook sangat suka dengan dengan status yang pendek tapi berisi,  posting visual (gambar) juga sangat menarik dan berorientasi membuat fans Anda mengambil tindakan untuk melike,kometar atau share status Anda. Di atas semua posting Anda harus memberikan nilai lebih dan tunjukkan pengetahuan Anda tentang niche Anda dan produk dalam update status Anda.

Juga, jangan terobsesi dengan gambar produk Anda sendiri, link dan posting blog lain sepanjang waktu. Teratur berbagi hal-hal dari blog dan situs lainnya yang penggemar Anda mungkin menganggapnya berguna (bukan dari situs pesaing Anda, tentu saja).

2. Optimalkan Toko Anda untuk Facebook Engagement

Toko e-commerce Anda juga harus dioptimalkan untuk keterlibatan maksimum Facebook (Suka, Komentar, Share). Anda dapat melakukannya dalam beberapa cara.
Tawarkan masuk ke Toko online Anda agar pengguna mendaftar melalui Facebook.
Pastikan halaman produk toko Anda memiliki  widget Fanspage yang terlihat jelas. Tambahkan Facebook komentar widget ke halaman produk Anda sehingga komentar pengguna yang terlihat pada profil Facebook mereka. Menambahkan pernyataan kecil di bawah gambar produk mendorong pengguna untuk berbagi di Facebook.

Ini adalah hal-hal dasar tetapi banyak toko e-commerce tidak melakukannya karena itulah kebanyakan mereka gagal untuk mengambil keuntungan dari Facebook.

3. Gunakan Deskripsi  Pintar Untuk Aksi

Setiap kali Anda menambahkan produk baru ke toko Anda, agar supaya kemungkinan besar berbagi mereka di halaman Facebook Anda.
Ketika Anda melakukan itu, pastikan Anda menambahkan deskripsi yang menarik diatas  link Anda. Deskripsi menarik atau catchy mendorong lebih banyak klik .

Menggunakan kata-kata berkekutan tinggi dalam posting Anda. Penelitian menunjukkan bahwa status  yang mencakup kata-kata " Mengapa, Paling, Dunia, Bagaimana, Kesehatan, Terbaik, Besar, dan Menarik " akan mendapatkan sebagian besar keterlibatan dan share.

Demikian pula,Tulisan dengan kurang dari 80 karakter menarik 23% lebih klik.
Menggunakan emoticon meningkatkan komentar dengan 33%.
Posting pertanyaan mendapatkan 100% lebih komentar.
Quotes mendapatkan 26% lebih Suka dan saham 19% lebih.
Juga, membuat tindakan deskripsi Anda berorientasi dan menambahkan panggilan yang jelas untuk bertindak dengan mereka. Facebook baru-baru ini memperkenalkan "Tambahkan Call to Action" pilihan dengan update status.

4. Meningkatkan Penjualan Dengan Kontes, Penawaran dan Penawaran Murah

Pengguna Facebook menyukai kontes dan penawaran diskon. Menjalankan kompetisi ditemukan menjadi teknik keterlibatan yang paling efektif untuk toko e-commerce. Hampir 35% pengguna "Like" halaman Facebook untuk berpartisipasi dalam kontes. Jadi memberikan apa yang mereka inginkan. Ajukan pertanyaan dan menggunakan "Seperti Like= Ya, Komentar untuk No" teknik jenis umpan balik. Kegiatan menyenangkan kecil dapat meningkatkan keterlibatan Anda secara signifikan.

5. Fokus pada Kualitas Visual Konten Tinggi

Saya telah menyebutkan pentingnya konten, tapi konten visual pantas disebutkan terpisah. Pengguna Facebook menyukai konten visual seperti gambar, info grafis, video, dll meme konten berbasis gambar mendapatkan hampir 40% lebih banyak interaksi dibandingkan dengan tulisan teks sederhana.

Tetapi untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda harus mencampur update dengan kombinasi teks saja, teks + gambar dan gambar / video saja . Untuk toko e-commerce, gambar produk mendapatkan keterlibatan tertinggi.

6. Targetkan untuk Beriklan di Facebook

Tidak ada yang lebih baik dari pada mrmbayar bayar iklan untuk toko e-commerce dari iklan Facebook. Iklan Facebook telah meningkat drastis selama beberapa tahun terakhir. Mereka tidak hanya jauh lebih mudah untuk mengkonfigurasi tetapi juga membawa hasil yang lebih bertarget dibandingkan dengan mode iklan lainnya. Anda dapat menargetkan pengguna berdasarkan lokasi mereka, kepentingan, jenis kelamin, aktivitas baru-baru ini, menyukai halaman dan puluhan kriteria lainnya.
Mulailah dengan anggaran kecil sekitar  dan menguji iklan yang berbeda untuk melihat apa yang bekerja dengan baik untuk Anda. Setelah Anda memahami cara kerjanya, maka tingkatkan anggaran Anda secara bertahap.

7. Menyederhanakan Proses Pembelian

Satu hal yang penting adalah untuk membuat proses pembayaran dan pembelian sesederhana mungkin bagi pelanggan Anda. Biasanya toko e-commerce menambahkan link ke halaman produk dengan update status Facebook mereka. Tidak ada yang salah dalam melakukan hal ini, tapi karena melibatkan beberapa pengalihan, ada kemungkinan tinggi bahwa pembeli akan meninggalkan pembelian di pertengahan jalan . Sebuah pilihan cerdas adalah dengan menggunakan link langsung ke halaman checkout atau, bahkan lebih baik, gunakan aplikasi Facebook untuk menerima pembayaran langsung di Facebook. Ada beberapa toko e-commerce aplikasi Facebook di mana Anda dapat mengkonfigurasi produk untuk penjualan langsung di Facebook.

8. Gunakan Fanspage untuk Dukungan Pelanggan

Sebuah cara yang bagus untuk menunjukkan pada penggemar dan calon pembeli bahwa Anda peduli tentang mereka, adalah untuk memindahkan dukungan pelanggan ke halaman Facebook Anda. Meminta pengguna untuk berbagi umpan balik produk mereka, pujian / keluhan dan kekhawatiran di halaman Facebook Anda. Secara aktif menanggapi komentar tersebut, dan memastikan penyelesaian masalah yang cepat. Ini akan menunjukkan kepada dunia bahwa Anda benar-benar peduli tentang pelanggan Anda.

9. Gunakan Kombinasi Manual dan Otomatis Posts

Sebagian besar toko e-commerce melayani pelanggan beberapa negara, karena yang mereka butuhkan untuk beroperasi di zona waktu yang berbeda. Tentu saja Anda tidak bisa tinggal di Facebook sepanjang waktu. Jadi disarankan agar Anda mengotomatisasi beberapa posting Anda untuk tetap berhubungan dengan pelanggan dari seluruh zona waktu. Anda dapat menggunakan BufferApp atau HootSuite untuk tujuan ini. Tapi tetap posting secara manual juga.

Penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan 18% lebih tinggi pada hari Kamis dan Jumat, dan 32% lebih tinggi pada akhir pekan. Setiap hari pada jam-jam tertentu terutama kita diwilayah Indonesia yang terbagi menjadi 3 waktu, pilihlah waktu yang tepat yakni pada jam-jam Istirahat kerja dan setelah jam 8 malam, sekitar 45% mendapatkan sebagian besar mendapatkan klik terbanyak. Jauhkan slot waktu ini dan hari-hari yang kurang potensial untuk penjadwalan posting otomatis Anda.

Kesimpulan
Seperti jaringan sosial lain, Facebook tumbuh subur pada keterlibatan pengguna. Semakin dekat Anda terlibat dengan audiens melalui kualitas konten visual tinggi , kontes dan tanggapan komentar, semakin banyak tindakan yang akan bisa didapatkan dari mereka. Tapi ingat bahwa tujuan Anda adalah untuk pengguna dari halaman Facebook Anda ke toko Anda, karena itu adalah di mana Anda dapat mengkonversi mereka menjadi pelanggan - aset terbesar Anda secara online.

Semoga bermanfaat

4 comments:
Silahkan komentar
  1. pingin banget mengiklankan toko online saya difacebook nieh: www.tokobaju.asia

    ReplyDelete
  2. mantap gan infonya kebetulan sekali,, makasih udah shard

    ReplyDelete
  3. Terima kasih info nya gan.. bermanfaat buat peningkatan sales via fb. :)

    ReplyDelete

Silahkan Follow atau Like FP Cara Zone
Join Our Newsletter