Cara Zone

Portal online Tips dan tutorial

Dapatkan tutorial terupdate gratis dengan berlangganan artikel

Tuesday, August 25, 2015

Cara Menggunakan Smartphone untuk Periksa Baterai Mati

Cara Menggunakan Smartphone untuk Periksa Baterai Mati
Saat Anda sedang asyik-asyiknya menonton televisi dan ingin mengubah Saluran tiba-tiba saja remote tidak berfungsi dan kadang lucunya kebanyakan dari kita akan memegang remote lebih tinggi lalu menekan tombol lebih keras, atau mungkin bahkan jika masih tidak bekarja juga Anda akan mengoyang-goyang remote atau memukulkannya kepaha.

Stop bertingkah lucu, Pertama kali Anda harus memeriksa baterai remote Anda, jika tidak punya alat khusus untuk mengecek baterai maka silahkan manfaatkan smartphone untuk tester.

Caranya sangat mudah dan tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga:

  • Ambil smartphone Anda dan membuka aplikasi kamera.
  • Arahkan remote TV ke arah kamera pada telepon Anda
  • Tekan dan tahan tombol apapun. Jika baterai masih baik, Anda akan melihat cahaya merah muda (ungu) terang di ujung remot melalui layar ponsel Anda.
  • Jika cahaya sangat samar dan hampir tidak kentara,maka sudah waktu untuk mengganti baterai remote Anda.


Mengapa ini Bekerja?
Sama seperti cahaya ultraviolet , inframerah adalah spektrum warna yang biasanya tidak terlihat dengan mata manusia.
TV remote beroperasi dengan berkedip serangkaian impuls inframerah terhadap sensor di depan televisi semacam Kode Morse yang memberitahu layar saluran yang seharusnya disetel. Kamera smartphone seperti mata manusia, sehingga dapat melihat inframerah lebih mudah.
Kebanyakan kamera high-end dan DSLRs yang ada pada ponsel pintar rata-rata sudah memiliki filter inframerah yang bisa membaca dan melihat sinar infra merah pada remote tv.

Kesimpulan :
Jadi jika cahaya merah muda (ungu ) masih terlihat jelas, maka bukan baterai yang bermasalah tapi ada kerusakan pada remote televisi Anda

No comments:
Silahkan komentar

Silahkan Follow atau Like FP Cara Zone
Join Our Newsletter