Cara Zone

Portal online Tips dan tutorial

Dapatkan tutorial terupdate gratis dengan berlangganan artikel

Thursday, October 1, 2015

Cara Memulai Membuat Blog - Panduan Pemula Terbaru Terupdate

Cara Memulai Membuat Blog - Panduan Pemula Terbaru Terupdate
Apakah Anda ingin memulai blogging? Ingin jadi blogger dan membuat blog baru?,..itu ide yang hebat!

Blogging telah cepat menjadi salah satu cara yang paling populer untuk berkomunikasi dan menyebarkan informasi dan berita. Ada jutaan blog online.Ini adalah cara yang bagus untuk mengekspresikan diri dan juga cara yang fantastis untuk berbagi informasi dengan orang lain.

Tapi ... bagaimana sih Anda memulai? Ada begitu banyak info di luar sana di berbagai web/blog, dan semua orang memberitahu Anda untuk melakukan hal yang berbeda. Siapa yang Anda dengarkan? Di manakah titik awalnya?

Nah, masalah kita hampir sama sebelum mulai ngeblog. Saya dan para master-master lainnya rata-rata pernah menjadi seorang pemula blogging juga. Saya memulai membuat blog saya (kumpulancara.com) pada tahun 2010, dan saya kurang tau apa-apa tentang blogging dan istilah-istilah internet lainnya, Saya betul-betul awam, Gaptek, tapi karena rasa KEPO yang tinggi akhirnya membuat saya menjadi orang yang pantang menyerah. Awalnya saya membuat blog gratis sekitar 6 bulan sebelum membeli domain sendiri.

Sekarang, karena terus belajar tanpa henti dan fokus, beberapa blog saya menerima lebih dari 250.000 pengunjung unik per bulan yang membuat saya menganggap diri saya seseorang yang Anda bisa dengarkan untuk belajar bersama  membangun blog Anda sendiri. Saya tidak semacam Guru, tapi saya pasti tahu dasar-dasarnya bagaimana memulai ngeblog untuk pemula.

Saya janji akan membuat tutorialnya sederhana, relatif mudah, dan pasti mudah dimengerti (tidak ada istilah-istilah yang njelimet). Kedengarannya bagus bukan? oke mari kita lanjutkan.

Mengapa Anda harus membuat blog dan bergabung dengan komunitas blogging

Jadi di bawah ini, saya akan menguraikan apa yang harus Anda lakukan untuk memulai dan membuat blog pribadi Anda sendiri. Sebelum kita memulai, saya benar-benar ingin bertanya tentang MENGAPA Anda harus membangun sebuah blog.

Catatan:
Kita membuat blog dengan berbagai alasan, namun sekitar 90% blogger punya satu alasan yakni " sebagai alat mencari rezeki "

Jadi tentukan alasan utama Anda sebelum memulai, ini hal paling penting supaya Anda tetap konsisten ngeblog dan tidak putus asa ditengah jalan. Hal yang pernah saya alami di tahun pertama saya ngeblog " pustus asa, tidak semangat lagi karena alasan utama saya waktu itu yakni ngeblog untuk duit, dan ketika duit tak kunjung datang sesuai perkiraan akhirnya membuat blog terbengkalai dan merasa waktu terbuang sia-sia, kadang karena terlalu ambisi menimbulkan ide-ide curang .

Mari diskusi sebentar sebelum kita betul-betul memulai untuk sedikit pencerahan dalam tanya jawab berikut:

Tanya : Apakah boleh ngeblog dengan tujuan cari duit ?
Jawab : Sangat boleh dan tidak ada masalah
Tanya : Lalu kenapa Anda pernah putus asa ?
Jawab : Karena saya terlalu berambisi harus pecah telur untuk mengembalikan modal paket internet,waktu dan tenaga
Tanya : Lalu seperti apa Alasan yang betul untuk memulai?
Jawab : Berikut akan kami jelaskan secara rinci

Jika Anda punya niat dan alasan yang sama seperti saya yakni untuk memperoleh rezeki dari ngeblog maka pada awal permulaan jangan terlalu fokus dengan hasil, tapi fokuslah dengan konten ( Isi/artikel dari blog Anda ).
Jadi pikirkan dulu kegemaran atau keahlian Anda, karena inilah nanti sumber terbaik untuk bahan blog yang Anda buat. Saya yakin rata-rata manusia punya hobi bahkan keahlian masing-masing.

Apa hubungan hobi atau keahlian dengan blog?
Jika Anda hanya ingin membuat blog pribadi hanya untuk sekedar iseng tempat pajang-pajang photo atau lainnya, maka hobi dan keahlian tidak begitu penting. Tapi jika Ngeblog bertujuan untuk menghasilkan uang maka hobi dan keahlian Anda sangat dibutuhkan demi kelangsungan blog Anda.
Jadi nantinya apa hobi atau keahlian Anda bisa menjadi konten blog.
Sangat aneh bukan jika kita membuat blog dengan isi artikel yang tidak kita kuasai?, bagaimana jika ada pengunjung yang bertanya tentang sesuatu yang ditulis dan Anda tidak bisa menjawab?.

Beberapa kali dalam diskusi dan pesan-pesan yang saya terima dari kawan-kawan pemula bertanya
" Mas, saya tidak punya keahlian apa-apa lalu apa yang harus saya tulis untuk blog saya? ". Disini saya selalu tekankan tulis apa yang paling Anda suka/hobi.

Lagi-lagi banyak pertanyaan masuk, " Saya tidak jago nulis artikel Mas, tolong sarannya bagaimana menulis atikel bagi pemula ".
Biasanya saya jawab : " Artikel yang baik yakni, artikel yang membuat pembacanya mudah mengerti, jadi tidak penting menggunakan tata bahasa tingkat tinggi, tulis apa adanya karena ini blog bukan buku atau makalah.

Menulis apa yang disukai juga akan membuat semangat dalam ngeblog, Anda akan mampu berinteraksi dengan pengunjung, dan para pembaca artikel akan merasakan kedekatan dengan Anda.

Baiklah mari kita mulai pada langkah-langkah tekhnis lainnya. Ada empat langkah utama yang perlu dilalui untuk membuat blog.

Empat Langkah untuk Memulai Blog:
  • Memilih platform blogging pilihan Anda
  • Pilih apakah Anda ingin host dan domain berbayar, atau mendapatkan blog gratis
  • Menyiapkan sebuah blog dengan domain Anda sendiri (jika Anda memilih hosting sendiri dan domain kustom)
  • Merancang blog Anda

Langkah 1 - Pilih platform blogging pilihan Anda

Ada banyak pilihan untuk memilih salah satu dari platform blog gratis. Bagi Anda yang betul-betul tidak ingin susah/repot dengan dengan urusan coding ( kode-kode ), maka saya merekomendasikan Anda menggunakan WordPress, inilah salah satu platform blogging terbesar di dunia, dengan plugin yang tak terhitung jumlahnya dan add-ons dan cara hampir tak terbatas untuk merancang dan tata letak blog Anda.
Ada lebih dari 82 juta pengguna aktif menggunakan WordPress : data terbaru dari pingdom.com
Cara Memulai Membuat Blog - Panduan Pemula Terbaru Terupdate

Ada alternatif lain tercantum di bawah ini:

Blogger - Platform terbaik setelah WordPress.
Tumblr - Setengah jejaring sosial, setengah blog. Menarik, dan sangat mudah digunakan.
Meskipun WordPress lebih besar (dan mungkin lebih baik) daripada dua plarform diatas, di sisi lain alasan saya mengapa Anda harus memilih WordPress:

  • Super mudah set-up.
  • Ribuan themes dan plugin gratis.
  • Ada sebuah forum besar yang akan membantu Anda jika mengalami kendala
  • Blog Anda akan terlihat sempurna
  • Orang dapat berinteraksi dengan Anda dengan mudah.
  • Sangat mudah diaplikasikan oleh pemula

Langkah 2 - Self-hosting atau alternatif gratis?

Ini adalah keputusan terbesar yang harus Anda buat sebelum kita melangkah lebih jauh. Anda perlu memutuskan apakah akan membayar untuk blog Anda atau yang gratis.

WordPress, Tumblr dan Blogger semua menawarkan blog gratis bagi siapa saja. Mengagumkan, benar? Ini sempurna untuk mereka yang tidak super serius tentang blogging. Tetapi memiliki kelemahan:
1) Anda tidak akan bisa mendapatkan nama domain SENDIRI
Pada blog gratis, alamat web blog anda (URL Anda) akan sangat-jelek.Singkatnya, membuat blog gratis dengan layanan blog gratis akan terlihat seperti ini:

bloganda.wordpress.com
bloganda.blogspot.com
bloganda.tumblr.com

2) Terbatas

Ada beberapa batasan untuk blog gratis. Anda tidak dapat sepenuhnya gratis, dan Anda tidak memiliki kemungkinan untuk meng-upload semua video dan gambar yang Anda ingin menunjukkan kepada semua orang - itu semua terbatas. Walaupun pada Blogspot memberikan kelonggran lebih untuk meng-upload video atau gambar namun tetap saja ada batasan-batasan lain.

3) Tidak memiliki hak penuh pada blog Anda Sendiri

Mungkin terdengar konyol pada awalnya, tetapi Anda tidak benar-benar memiliki blog Anda. Ini host di properti web orang lain dan mereka dapat menghapusnya jika mereka ingin jadi. Mereka telah melakukannya di masa lalu, dan terus melakukannya di masa depan. Yang berarti semua kerja keras Anda di blog Anda, semua jam yang tak terhitung menulis posting blog mungkin lenyap dalam hitungan detik. Sedih ...

Di sisi lain, dengan blog self-host dgn nama domain Anda sendiri - Anda pemilik REAL blog Anda. Anda akan dapat nama blog Anda apa pun yang Anda inginkan, misalnya "namaanda.com" atau "usahaanda.com. Anda dapat mengakhirinya dengan .com, .co.id, .net, .org, atau hampir semua akhiran web lainnya.

Jadi berapa banyak biaya hosting dan nama domain? Tidak sebanyak yang Anda pikirkan, untungnya banyak penyedia hosting murah dalam negri dari yang Rp.30.000 s/d Rp.50.000 satu bulan dengan bonus domain gratis selama satu tahun.

Pertanyaan :
Bagaimana jika saya mennggunakan platform Blogspot dengan domain sendiri?, Seperti blog ini : carazone.com

Jawab :
Sangat bisa dan boleh-boleh saja, tapi tetap saja masih ada resiko jika suatu waktu kena banned walaupun sudah mengikuti aturan dari pihak blogspot yang dimiliki google.

" Kejadian pada akhir tahun 2014 pihak google melakukan Banned massal pada blog-blog yang dianggap spam, dan anehnya blog yang bukan spam kena dampak juga ".

Itulah mengapa saya sangat menyarankan Anda menggunakan wordpress self hosting, ini saya tujukan bagi yang betul-betul ingin serius menekuni dunia blogging. jika tidak silahkan abaikan.

Pertanyaan :
Lah kenapa blog ini : carazone.com tidak menggunakan self hosting dan numpang di blogspot?
Jawab :
Blog ini bukanlah blog utama kami, para admin yang terdiri dari tiga orang,rata-rata memiliki blog yang lain dan menggunakan wordpress self hosting yang difokuskan untuk mencari dollar dan bermain di click bank, amazon dan Adsense.

Jika Anda ingin mengikuti jejak carazone.com, kami tidak bisa melarang, namun Anda harus siap dengan resiko.

Langkah 3 - Mulai blog dengan domain Anda sendiri (jika Anda memilih hosting sendiri dan domain kustom)

Domain: domain pada dasarnya adalah URL dari situs atau alamat website kita. Domain dipergunakan untuk mempermudah pengunjung mengingat alamat website, Contoh: google.com (Google.com adalah domain), Facebook.com (Facebook.com adalah domain).

Tentukan domain yang Seo friendly sesuai dengan apa yang akan dibahas pada blog Anda, silahkan baca disini :
Cara Memilih Nama Domain Web/Blog yang Seo friendly


Hosting: Hosting pada dasarnya adalah perusahaan yang menempatkan website Anda di internet sehingga orang lain dapat melihatnya. Semuanya akan disimpan di sana. Anggap saja sebagai komputer hard-drive di internet di mana blog Anda akan disimpan.

Langkah-langkah membuat blog WordPress Self-Hosted akan kami jelaskan pada artikel selanjutnya agar lebih nyaman dan tidak terlalu panjang.

Langkah 4 - Merancang blog Anda
Langkah-langkah merancang blog menggunakan wordpress juga akan kami sampaikan pada artikel selanjutnya disertai gambar sekaligus video.

Catatan:
Saya penulis dan salah satu admin carazone.com akan berusaha segera menerbitkan Artikel selanjutnya
Jika ada pertanyaan bagi sobat pemula, silahkan lewat komentar atau bisa lewat contact form

Jika Anda ingin saya menulis secara detail cara membuat blog blogspot dari awal sampai menjadi blog sukses, akan saya jelaskan pada Artikel berikutnya jika pada kolom komentar ada paling sedikit 20 permintaan

Salam blogger, mari berkarya dan berjaya bersama

Penulis : +rhapy shulton

1 comment:
Silahkan komentar
  1. Terima kasih.. panduan ini sangat membantu saya.. salam kenal

    ReplyDelete

Silahkan Follow atau Like FP Cara Zone
Join Our Newsletter