Cara Zone

Portal online Tips dan tutorial

Dapatkan tutorial terupdate gratis dengan berlangganan artikel

Monday, May 2, 2016

Apa Itu kode QR dan Bagaimana Cara Membuatnya ?

Kode QR ada di mana-mana saat ini: Anda dapat menemukan mereka dicetak pada kemasan smartphone terbaru Anda, Anda dapat menemukan mereka di kartu nama, termasuk pada presentasi di konferensi, Anda bahkan dapat melihat mereka dicat pada dinding. Orang dan perusahaan menggunakannya untuk menyimpan dan mendistribusikan semua jenis informasi, dengan cara yang cepat diakses oleh siapa pun dengan smartphone. Pernahkah Anda melihat bagaimana kode QR terlihat? Apakah Anda memindai satu? Apakah Anda tahu apa yang dilakukannya? Jika tidak, baca artikel ini untuk mempelajari segala sesuatu yang Anda harus tahu tentang kode QR, termasuk cara membuatnya:


Apa yang dimaksud dengan kode QR?
Istilah kode QR singkatan Quick Response Code dan itu adalah barcode persegi yang pertama kali dikembangkan dan digunakan di Jepang. Seperti barcode lainnya, kode QR satu cara untuk menyimpan informasi dalam mesin yang dapat dibaca label optik. Data yang dikandung oleh kode QR bisa apa saja dari teks sederhana, ke email alamat, ke nomor telepon dan sebagainya.

QR Data kode toko menggunakan pola titik-titik hitam dan ruang putih, diatur dalam kotak persegi. Pola-pola ini dapat dipindai dan diterjemahkan menjadi informasi yang dapat dibaca manusia, dengan bantuan perangkat pencitraan, seperti kamera atau scanner, meskipun cara yang paling umum untuk memindai kode QR saat ini adalah dengan menggunakan kamera smartphone Anda dan aplikasi khusus untuk membaca QR kode.

Mengapa kode QR berguna?
Kode QR mudah untuk menghasilkan dan menggunakan. Mereka adalah cara yang nyaman untuk menyimpan semua jenis data dalam ruang kecil. Bahkan, jika data yang ingin Anda simpan di kode QR terbuat dari karakter alfanumerik, kode QR tunggal dapat menampung 4000 karakter. Berikut adalah beberapa contoh dari data yang dapat disimpan dalam kode QR:

  • Teks sederhana seperti pesan selamat datang di sebuah konferensi
  • Semua jenis alamat
  • Nomor telepon
  • Alamat email
  • URL (alamat website)
  • Link ke aplikasi di toko aplikasi seperti Google Play

Yang benar adalah bahwa Anda dapat menyimpan banyak jenis informasi dalam kode QR dan itu semua tergantung hanya pada imajinasi Anda. Misalnya, Anda juga bisa menggunakan kode QR untuk menunjuk seseorang sebuah halaman Facebook Anda atau Anda bisa menggunakannya untuk menampilkan sebuah puisi yang Anda tulis. Semua terserah padamu.

Dimana kode QR ditampilkan?
Anda dapat menemukan kode QR di semua jenis lokasi tetapi beberapa tempat yang paling umum di mana Anda dapat melihat mereka adalah:
  • Di kartu nama, berisi rincian dari semua jenis kontak
  • Pada kemasan smartphone dan gadget lainnya, yang berisi link ke aplikasi, layanan dukungan untuk gadget yang Anda beli, halaman produk dengan informasi tentang gadget yang dan sebagainya
  • Pada iklan TV, billboard, iklan secara online dan jenis-jenis iklan lainnya
  • Tags persediaan di perusahaan-perusahaan, yang berisi informasi seperti nomor seri, nomor bagian, spesifikasi hardware, tanggal persediaan dan sebagainya

Singkatnya, Anda dapat menempatkan kode QR pada apa pun yang dapat dilihat dan dipindai dengan smartphone: dari selembar kertas,sepotong kain,layar TV atau dinding bangunan. Kemungkinannya tak terbatas.

Bagaimana Anda memindai kode QR?
Yang paling mudah dan metode yang paling umum untuk memindai kode QR adalah dengan menggunakan smartphone Anda dan pemindaian aplikasi QR. Ada banyak QR pemindaian aplikasi di Google Play Store dan ada juga banyak alat-alat seperti di Apple App Store. Biasanya, yang harus Anda lakukan adalah untuk mengarahkan kamera smartphone Anda untuk kode QR dan QR pemindaian aplikasi akan menerjemahkannya.

Cobalah mereka dan memindai QR code di bawah ini untuk melihat informasi yang kita disimpan di dalamnya.


Bagaimana Anda membuat kode QR?

Sebelum membuat kode QR Anda sendiri, pertama pastikan bahwa Anda tahu jenis informasi apa yang Anda inginkan untuk menyimpan dan di mana Anda akan mendistribusikan kode QR. Silahkan gunakan mesin pencari web favorit Anda dan mencari "QR kode generator". Ada banyak alat gratis di internet, dan dua ini adalah beberapa yang terbaik: QR Stuff dan Kaywa QR Kode .

Kesimpulan
Kode QR adalah cara yang rapi menyimpan data dalam ruang kecil. Seperti yang Anda lihat dalam artikel diatas, Anda dapat menyimpan banyak jenis data dan mendistribusikannya kepada orang lain dengan menggunakan semua jenis media. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang hal ini, jangan ragu untuk memberikan komentar di bawah ini.

3 comments:
Silahkan komentar
  1. mantap infonya. Boleh dicoba gan tutorialnya

    ReplyDelete
  2. Makasih Infonya..sangat berguna buat pelaku usaha baru seperti saya ini

    ReplyDelete
  3. Boleh dicoba tuh tutorialnya, Trims boz

    ReplyDelete

Silahkan Follow atau Like FP Cara Zone
Join Our Newsletter