Cara Zone

Portal online Tips dan tutorial

Dapatkan tutorial terupdate gratis dengan berlangganan artikel

Saturday, October 22, 2016

Tutorial memaksimalkan Jepretan Kamera pada iPhone 6

Tutorial memaksimalkan Jepretan Kamera pada iPhone 6
Memiliki smartphone yang disebut-sebut bahwa kualitas kameranya bisa disamakan kamera DSLR seperti kamera yang terdapat pada iphone 6 tentunya sangat menyenangkan. Namun kamera dengan kualitas bagus masih belum tentu bisa menghasilkan gambar yang menarik. Untuk itu tentunya anda perlu memiliki trik dan tips khusus dalam mengaplikasikan smartphone anda dan memanfaatkan fitur-futur pendukung bawaan yang dapat membuat hasil jepretan anda semakin bagus. Berikut adalah cara yang perlu anda lakukan untuk memaksimalkan hasil jepretan anda, antara lain:

Hindar penggunaan Flash Kamera
Banyak orang yang berpikir bahwa flash dapat memberikan kecerahan pada kamera. Memang hal itu benar adanya namun penggunaan flash pada kamera sebenarnya juga dapat mengurangi tingkat akurasi warna pada foto. Dengan kecanggihan iPhone 6 yang bidikannya tetap tajam meski dalam kondisi minim cahaya, ada baiknya anda mengurangi penggunaan flash agar hasil foto anda semakin alami.

Gunakan Mode Fokus yang Tepat
Menggunakan pilihan fokus foto yang tepat dapat memberikan nilai plus tersendiri untuk hasil foto anda. Kontrol focus yang ada pada iphone pun memiliki 3 pilihan dengan keunggulan masing-masing seperti autofocus, tap to focus dan manual focus. Untuk autofocus direkomendasikan untuk menggambil gambar dengan konsep pemandangan yang luas. Sedangkan pada tap fokus anda dapat memfokuskan bidikan ke suatu benda tertentu agar fokus foto tertuju pada benda tersebut, fokus ini biasanya digunakan untuk foto selfie atau makanan. Untuk manual fokus juga dapat digunakan untuk mengambil foto close up agar tuning fokus dapat maksimal.

Foto dengan Mode Manual
Untuk menghasilkan gradasai gambar yang lebih nyata dan bagus anda dapat mencoba mode manual dalam melakukan bidikan. Mode manual seperti pengaturan brightness, white balance, kontras, ISO dan mode kontrol lainnya dapat membuat foto yang anda bidik semakin tajam. Tentunya dengan fitur dan kualitas yang dimiliki kamera iphone 6 akan membuat hasil foto yang anda dapatkan semakin bagus, layaknya profesional.

Penggunaan Fitur HDR
Fitur HDR pada iphone 6 tentunya memiliki kualitas yang lebih bagus dari seri sebeumnya. HDR ini digunakan untuk menggabungkan 3 jenis ekplosure yakni terang, sedang dan gelap sehingga gambar terlihat lebih tajam dan kontras. Anda juga dapat bantu oleh fitur bawaan iphone yang otomatis akan menyala ini sesuai dengan kondisi tangkapan foto sekitar. Fitur HDR pada iphone akan aktif dengan sendirinya sehingga dapat membantu anda untuk mendapatkan foto yang menakjubkan. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah ketika fitur HDR ini aktif otomatis kemampuan kecepatan bidik pada kamera iphone anda akan berkurang, sehingga sebaiknya anda perlu memastikan tangan anda memegang dengan stabil agar tidak terjadi blur akibat goncangan.

Gunakan Fitur Kamera Grid
Meski kamera grid yang terlihat cukup mengganggu anda dalam tampilannya. Namun fitur yang ada pada iphone 6 ini tentunya sangat membantu anda untuk menentukan titik simetris dan point of view yang tepat pada foto anda. Garis-garis yang terlihat pada layar akan membantu anda menentukan sisi yang menarik dalam menggambil foto. Untuk mengaktifkan fitur kamera grid ini anda perlu masuk ke menu setting dan mencari menu pilihan “photo&camera”, lalu anda dapat mengaktifkan fitur kamera grid pada menu ini. Setelah itu cobalah mengambil sebuah foto dengan kedua sisi kanan dan kiri yang sejajar dengan bantuan kamera grid.
Demikian beberapa tutorial yang dapat anda gunakan untuk membuat hasil foto anda semakin baik dengan bantuan fitur yang dimiliki iphone 6. Tentunya dengan kualitas kamera iphone 6 yang mumpuni dan tutorial ini akan membuat hasil foto yang anda ambil semakin terlihat profesional dan menakjubkan.

No comments:
Silahkan komentar

Silahkan Follow atau Like FP Cara Zone
Join Our Newsletter